Aksi Solidaritas GAMKI Berbagi Bunga Mawar di Sekitar Polsek Astana Anyar

Jum'at, 09 Desember 2022 - 17:20 WIB
loading...
Aksi Solidaritas GAMKI Berbagi Bunga Mawar di Sekitar Polsek Astana Anyar
Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) melakukan aksi solidaritas dengan membagikan bunga mawar di sekitar Polsek Astana Anyar, Kota Bandung. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) melakukan aksi solidaritas membagikan bunga mawar di sekitar Polsek Astana Anyar, Kota Bandung. Aksi solidaritas ini dilakukan pasca peristiwa teror bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, pada Rabu (7/12/2022).

"Aksi ini sebagai bentuk dukungan dan solidaritas keluarga besar GAMKI kepada para korban aksi teror bom yang menelan satu korban jiwa dan beberapa korban luka dari personel kepolisian dan warga sipil. Semoga aksi teror yang dilakukan jelang momen Natal dan Tahun Baru ini tidak terulang, dan sel-sel jaringan teroris dapat diusut oleh aparat berwajib," kata Sekretaris Umum DPP GAMKI, Sahat Martin Philip Sinurat, dalam keterangannya, Jumat (8/12/2022).

Baca juga: Penampakan Polsek Astana Anyar usai Ledakan Bom Bunuh Diri

GAMKI mengharapkan pemerintah melalui institusi terkait antara lain kepolisian, Densus 88, BNPT, BIN dan lembaga lainnya untuk menindak tegas setiap tindakan terorisme. Selain itu melakukan upaya deteksi dan pencegahan dini terhadap potensi ancaman teroris.

"Kami juga meminta pemerintah mengevaluasi efektivitas program deradikalisasi karena pelaku merupakan mantan napi terorisme yang kembali melakukan aksi teror. Perlu dievaluasi, sehingga ke depan program deradikalisasi bisa berjalan sesuai harapan," ujarnya.



Menurut Sahat, pelaksanaan Perpres Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme harus menjadi prioritas sehingga ada keterlibatan dan kerjasama menyeluruh dari pemerintah dan masyarakat untuk memitigasi aksi-aksi terorisme.

"Perlawanan terhadap ideologi ekstremisme harus menjadi kerja bersama pemerintah dan segenap lapisan masyarakat. Mari kita dukung penuh pemerintah mengusut jaringan teroris ini. Sembari tetap waspada dan memperkuat jaring sosial masyarakat agar penyebaran ideologi ekstremisme kepada masyarakat khususnya generasi muda bisa kita tangkal bersama-sama," pungkasnya.

Baca juga: Aipda Sofyan Didu, Sosok yang Baik Itu Gugur Akibat Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Dalam aksi solidaritas ini, para anggota GAMKI memberikan bunga mawar berwarna merah dan putih kepada personil polisi yang berjaga-jaga di sekitar Polsek Astana Anyar. Bunga juga diberikan kepada warga sekitar dan pengguna jalan yang melintas di depan lokasi peristiwa bom.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2344 seconds (10.55#12.26)