Ledakan Terjadi di Tambang Batu Bara Sawahlunto, 6 Pekerja Tewas

Jum'at, 09 Desember 2022 - 13:41 WIB
loading...
Ledakan Terjadi di Tambang Batu Bara Sawahlunto, 6 Pekerja Tewas
Satu unit tambang baru bara di Kecamatan Tawali, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat meledak. Peristiwa ledakan mengakibatkan 6 pekerja tewas dan 6 lainnya terluka. Foto/MPI/Rus Akbar
A A A
SAWAHLUNTO - Satu unit tambang baru bara di Kecamatan Tawali, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat meledak. Peristiwa ledakan yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB mengakibatkan 6 pekerja tewas dan 6 lainnya terluka.

Tim gabungan pencari korban ledakan tambang batu bara, di kawasan PT NAL Palampahan, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat telah menemukan enam orang tewas.



Sedangkan dua luka-luka dan empat lainnya masih dicari. Sehingga total ada 12 korban ledakan tambang.

Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Kantor SAR Padang, Octavianto mengatakan, korban meninggal akibat ledakan tersebut ada enam orang

"Ada dua orang selamat dan mengalami luka-luka. Sedangkan empat orang lagi sedang dicari dalam lubang tambang," ujarnya, Jumat (9/12/2022)

Sementara Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar, Herry Martinus belum bisa memberikan tanggapan lantaran tim masih melakukan pemeriksaan di lapangan oleh tim dari Kementrian ESDM.



"Kita masih menunggu hasil pemeriksaan di lapangan, belum tahu kita penyebab pastinya," ungkapnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sawahlunto mencatat sebanyak 4 orang korban kecelakaan tambang batubara telah selesai dievakuasi.

“Dua orang ditemukan meninggal dunia dan dua lagi sedang di rawat di RSUD Sawahlunto," kata Kepala
Pelaksana (BPBD) Kota Sawahlunto, Dedi Ardona, Jumat (9/12/2022).

Namun Dedi, belum mengetahui penyebab ledakan tambang karena ini masih diselidiki pihak kepolisian dan ESDM Sumbar. "Yang jelas sekarang kita masih melakukan evakuasi," ujarnya.

Sementara data dari Basarnas Sumbar, korban ledakan tambang tersebut ada 12 orang, dan pihaknya sedang menurunkan 13 orang Basarnas terdiri dari 8 orang dari Padang dan 5 orang dari Pos Sar 50 Kota.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3456 seconds (0.1#10.140)