3 Rumah dan 1 Bangunan Sekolah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa M5,8

Kamis, 08 Desember 2022 - 11:29 WIB
loading...
3 Rumah dan 1 Bangunan Sekolah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa M5,8
Gempa berkekuatan M5,8 pada Kamis (8/12/2022) sekira pukul 07.50 WIB di Sukabumi menyebabkan tiga rumah warga rusak. (Ist)
A A A
SUKABUMI - Gempa berkekuatan M5,8 pada Kamis (8/12/2022) sekira pukul 07.50 WIB di Sukabumi menyebabkan tiga rumah warga rusak . Selain rumah warga, 1 bangunan sekolah juga terdampak.

ketiga rumah warga tersebut, dua rumah berada di Kecamatan Nagrak, 1 rumah di Kecamatan Simpenan dan 1 sekolah yang berada di Kecamatan Parakansalak.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak, Miki mengatakan bahwa gempa yang diakibatkan dari adanya deformasi/patahan batuan dalam lempeng Indonesia-Australia tersebut, mengakibatkan 2 rumah warga di Kampung Bojong Kawung RT 01/08, Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, rusak.

"Kedua rumah warga tersebut mengalami kerusakan ringan milik Cepi, 1 KK (kepala keluarga) dengan 5 jumlah jiwa dan milik Babas 1 KK dengan 5 jumlah jiwa. Keduanya mengalami kerusakan ringan," ujar Miki kepada MNC Portal Indonesia.

Di tempat lain, Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria Zulkarnain mengatakan bahwa 1 rumah di Kampung Cinyocok RT 04/03, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, mengalami kerusakan akibat diguncang gempa M5,8 tersebut.

"Rumah milik Mira Arista rusak pada bagian dinding rumah dan bagian dapur ambruk terdampak guncangan gempa. Rumah yang dihuni oleh 1 KK dengan 3 jumlah jiwa tersebut, saat ini masih dihuni oleh anggota keluarga, tidak mengungsi ke tempat lain," ujar Sandra.

Baca: Diguncang Gempa M5,8, Rumah Warga di Ciambar Sukabumi Ambruk.

Sementara itu P2BK Parakansalak, Jujun Juaeni melaporkan dampak gempa yang terjadi pada Kamis pagi tersebut, 1 sekolah yang berada di Kampung Cikoredas RT02/08, Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, mengalami retakan.

"Diding sekolah MTs (Madrasah Tsanawiah) Cikoredas alami keretakan akibat gempa yang terjadi pada Kamis pagi tadi. Kami menghimbau kepada pihak sekolah dan murid-murid untuk selalu waspada adanya dampak dari gempa dan adanya gempa susulan," ujar Jujun.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1589 seconds (10.101#12.26)