Jelang Akhir Tahun, Pemprov Sulsel Gelar Pasar Pangan Serentak

Kamis, 08 Desember 2022 - 01:36 WIB
loading...
Jelang Akhir Tahun, Pemprov Sulsel Gelar Pasar Pangan Serentak
Menjelang akhir tahun, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional siap menggelar pasar pangan serentak dalam rangka menjaga stok sekaligus menekan inflasi. Foto Antara
A A A
MAKASSAR - Menjelang akhir tahun, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ( Pemprov Sulsel ) bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional siap menggelar pasar pangan serentak dalam rangka menjaga stok sekaligus menekan inflasi.



Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Sulsel, Kemal Redindo Putra Syahrul mengatakan, kegiatan yang digelar secara serentak di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel itu akan dilaksanakan selama dua pekan atau 12 hingga 24 Desember 2022. Baca juga: Pemprov Sulsel Anggarkan Rp60 Miliar untuk Pembangunan Stadion Mattoanging

"Kami akan siapkan berbagai komoditas pangan yang paling dibutuhkan masyarakat seperti beras, ayam, telur, minyak goreng, cabai dan bawang merah dan putih atau sembako," ujar Kemal di Makassar, Rabu (7/12/2022).

Ia menjelaskan, pelaksanaan pasar pangan serentak ini akan dibagi dalam enam zona. Setiap zona akan ditentukan sebagai penyelenggara atau tuan rumah. Zona 1, yakni di Makassar melibatkan Gowa, Takalar dan Maros. Zona 2 yakni di Kabupaten Bulukumba melibatkan Jeneponto, Bantaeng dan Selayar.

Zona 3, yakni di Kabupaten Soppeng melibatkan Bone, Wajo dan Sinjai. Zona 4 yakni di Kota Pare Pare Barru melibatkan Pinrang dan Sidrap.

Zona 5 yakni di Kota Palopo melibatkan Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur dan zona 6 di Kabupaten Tana Toraja melibatkan Toraja Utara dan Enrekang. Baca juga: Dorong Pertumbuhan Investasi, Pemprov Sulsel Yakinkan Investor Jaminan Keamanan Berusaha

"Meskipun kami tetapkan per zona, namun jika ada daerah yang mengalami rawan pangan kami berikan prioritas. Artinya terbuka peluang setiap zona memiliki lebih dari satu lokasi pelaksanaan pasar pangan," tuturnya.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4045 seconds (11.97#12.26)