Mencekam! Relokasi Pasar Rengasdengklok Ricuh, Polisi dan Warga Terluka

Rabu, 07 Desember 2022 - 17:21 WIB
loading...
Mencekam! Relokasi Pasar Rengasdengklok Ricuh, Polisi dan Warga Terluka
Suasana mencekam di Pasar Rengasdengklok, pedagang terlibat bentrok dengan aparat karena menolak direlokasi oleh Pemkab Karawang. Insiden itu mengakibatkan polisi dan warga terluka. Foto: MPI/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Suasana mencekam menyelimuti Pasar Rengasdengklok yang rencananya akan direlokasi oleh Pemkab Karawang . Para pedagang menolak direlokasi hingga berakhir bentrok dengan aparat.

Seorang polisi terluka di bagian kepala terkena lemparan batu hingga dilarikan ke rumah sakit. Sejumlah pedagang pun dilaporkan ikut terluka.

Ratusan pedagang bersama warga sekitar melakukan perlawanan keras atas rencana pemerintah merelokasi pasar hingga terjadi bentrok antara warga dan petugas, Rabu (7/12/22).



Berdasarkan pemantauan, ratusan pedagang dan warga sekitar Pasar Rengasdengklok sejak pagi sudah berkumpul di depan pasar, Jalan Proklamasi, Rengasdengklok.

Para pedagang sudah mengetahui rencana pemerintah akan memaksa pedagang untuk pindah dari Pasar Rengasdengklok ke Pasar Proklamasi.



Petugas gabungan dari Satpol PP, Polri dan TNI yang bergerak dari kantor Pemkab Karawang bergerak ke Pasar Rengasdengklok. Kedatangan aparat gabungan yang mendekat lokasi pasar disambut ratusan pedagang dan warga dengan petasan dengan suara memekak telinga.



Pedagang juga membakar ban hingga langit sekitar pasar menjadi hitam. Situasi makin mencekam karena warga menghadang aparat dengan membawa potongan bambu dan batu-batu yang dilemparkan ke arah aparat.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana bersama unsur Muspida mencoba menenangkan pedagang. Namun pedagang meminta aparat gabungan mundur dan tidak mendekati pasar.

Namun petugas gabungan terus bergerak menuju pasar yang sudah diblokir pedagang. Kemudian pedagang dan warga melawan dengan melempar batu ke arah aparat.



Situasi menjadi kacau karena aparat terus bergerak maju hingga seorang polisi terluka. Bahkan Bupati Karawang Cellica terjebak di tengah bentrok hingga diamankan petugas keluar dari zona bentrok.

Sekda Karawang, Acep Jamhuri mengatakan, penolakan pedagang untuk direlokasi karena sudah dihasut oleh oknum tertentu.

Namun dia memastikan pedagang tetap akan direlokasi meski ada penolakan. "Sudah jadi keputusan Pemkab pedagang harus pindah karena lokasi ini akan dijadikan kawasan hijau," katanya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1053 seconds (0.1#10.140)