10 Kg Sabu dari Malaysia Gagal Diselundupkan ke Pekanbaru

Selasa, 06 Desember 2022 - 20:29 WIB
loading...
10 Kg Sabu dari Malaysia Gagal Diselundupkan ke Pekanbaru
Pengedar sabu jaringan Malaysia dibekuk. Foto: Banda/SINDOnews
A A A
PEKANBARU - Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau mengamankan komplotan pengedar narkoba jaringan Malaysia. Sebanyak 10 Kg sabu berhasil diamankan Polda Riau.

Diketahui, bahwa barang haram tersebut dikirim dari bandar narkoba di Malaysia yang dijuluki Uncle. Untuk mengirimnya dari Malaysia diutus dua orang, yakni Andi dan Jun yang saat ini ditetapkan sebagai buronan.

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, dalam kasus ini pihaknya mengamankan empat orang tersangka. Mereka adalah RIZ (35), TAR (25), Rio (29) warga Bengkalis, dan SUW (56) warga Medan.



"Tersangka menyimpan barang bukti dalam 2 tas ransel membawanya menuju Pekanbaru, menggunakan sepeda motor," kata Irjen Mohammad Iqbal dalam jumpa persnya di Mapolda Riau, Selasa (6/12/2022).

Pengungkapan berawal saat tim mendapat informasi kalau di jalan lintas Dumai-Sungai Pakning akan ada peredaran narkoba. Tim mendapati dua orang mengendarai sepeda motor yakni TAR dan RIZ.

Mereka membawa 2 buah tas ransel. Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan 2 buah tas ransel berisikan masing masing 5 bungkus sabu.



Dari informasi yang terhimpun, narkoba itu merupakan milik Rio. Polisipun mencari keberadaan Rio. Petugas akhirnya berhasil menemukan Rio saat keluar dari Tol Pekanbaru-Dumai.

Dari pengakuan Rio, sabu itu sudah ada yang membeli, yakni SUW di Pekanbaru. Petugaspun berhasil menemukan SUW di kawasan Stadion, Rumbai.

"Tersangka TAR dan RIZ dijanjikan upah sebesar Rp50 juta, dan sudah menerima uang muka sebesar Rp800 ribu dan telah habis untuk ongkos perjalanan," tambah Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto.



Tim lainnya dari Polda Riau juga mengamankan sindikat jaringan narkoba yang juga dari Malaysia.

Sebanyak 81 Kg sabu berhasil diamankan dari enam orang tersangka. Mereka diamankan di daerah Pekanbaru dan Kabupaten Siak. Dengan demikian totalnya yang disita Polda Riau sebanyak 91 Kg sabu.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)