Khofifah Targetkan Pekan Depan Lumbung Pangan Jangkau 28 Kabupaten/Kota

Jum'at, 10 Juli 2020 - 05:35 WIB
loading...
Khofifah Targetkan Pekan Depan Lumbung Pangan Jangkau 28 Kabupaten/Kota
Gubernur Khofifah Indar Parawansa menargetkan mulai pekan depan 28 daerah di Jatim bisa terjangkau lumbung pangan.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menargetkan, pada pekan depan, layanan Lumbung Pangan Jatim mampu menjangkau 28 kabupaten/kota se- Jatim. Selanjutnya, Lumbung Pangan Jatim diharapkan akan mampu menjangkat seluruh daerah kabupaten/kota se-Jatim.

Orang nomor satu di Jatim itu mengatakan, saat ini Lumbung Pangan Jatim sudah berhasil menjangkau 19 kabupaten dan kota. Sebetulnya, kata dia, sudah lima hari lalu dilakukan uji coba untuk 19 kabupaten/kota.

(Baca juga: Khofifah Ajak Media Lebih Masif Sosialisasikan Protokol Kesehatan ke Masyarakat)

“Mulai besok, tanggal 15 itu uji coba 9 kabupaten/kota yang baru. Jadi harapannya kita bisa melakukan perluasan sampai ke- 28 kabupaten/kota yang bisa mengakses free ongkir sembako murah ini,” kata Khofifah seusai peluncuran perluasan jangkauan Lumbung Pangan Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (9/7/2020).

Khofifah menandaskan, dengan perluasan jangkauan ini, diharapkan bisa menjangkau 25 pasar yang dijadikan sampling oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dengan menjangkau pasar-pasar tersebut sebagai target perluasan, maka akan menjadikan lumbung pangan sebagai referensi harga di Jatim.

“Kita berharap semua pasar yang jadi samplingnya BPS bisa kita jangkau, kalau seluruh pasar yang dijadikan sampilingnya BPS bisa kita jangkau, maka Lumbung Pangan ini akan bisa dijadikan refrensi harga. Dengan begitu perlindungan konsumen itu akan lebih baik,” imbuhnya.

Direktur PT Panca Wira Usaha, Erlangga Satriagung sebagai penyelenggara Lumbung Pangan Jatim mengatakan, sebelumnya Lumbung Pangan Jatim telah melayani area di 11 kabupaten/kota, yaitu Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Bangkalan, Kabupaten dan Kota Malang, dan Kota Batu.

“Saat ini kita akan ke- 8 kabupaten dan kota. Jadi per hari ini ada 19 kabupaten dan kota atau 50 persen dari kabupaten dan kota se-Jatim,” katanya.

(Baca juga: Kemenparekraf Serahkan 14.100 Paket Bantuan Tahap Dua untuk Pelaku Pariwisata di Jatim )

Atas arahan Gubernur Jatim, lanjutnya, saat ini pihaknya akan memperluas layanan ke beberapa wilayah di barat. Antara lain Lamongan, Tuban, Bojonegoro dan Madiun. Wilayah timur seperti Probolinggo dan selatan seperti Jombang dan Nganjuk. “Kemungkinan pekan depan akan bertambah 9 kabupaten dan kota,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi Wahyu Setijono mengatakan, pihaknya siap mensukseskan perluasan layanan Lumbung Pangan Jatim tersebut.

Dalam pandemi COVID-19 ini, kata dia, setiap daerah harus bisa bertahan dengan cara memunculkan ide dan inovasi baru. Satu di antaranya dengan menghadirkan biaya logistik yang murah. “Kami siap membantu semaksimal mungkin untuk berkoordinasi dan mendukung ide ide dari Pemprov Jatim. Salah satunya adalah Lumbung Pangan Jatim,” katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)