10 Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Masih Ditemui Keberadaannya hingga Sekarang

Selasa, 06 Desember 2022 - 11:02 WIB
loading...
10 Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Masih Ditemui Keberadaannya hingga Sekarang
Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia . Tak heran bila banyak peninggalan kerajaan yang masih ditemui keberadaannya.

Adapun peninggalan benda bersejarah kerajaan Majapahit itu berupa situs, candi, prasasti, Kitab dan sebagainya yang sampai sekarang bisa ditemui keberadaannya.

Baca juga : Strategi Gajah Mada Redam Pemberontakan di Kerajaan Majapahit

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (5/12/2022), berikut deretan peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih bisa ditemukan keberadaannya.

1. Candi Tikus

Candi Tikus memiliki bangunan yang berbentuk seperti petirtaan, yang pada dulunya digunakan untuk tempat pemandian para keluarga kerajaan. Candi ini terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

2. Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. Candi ini dibangun pada 1451 sampai dengan 1470 ketika Majapahit masih berpengaruh di wilayah jawa.

3. Candi Sukuh

Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Candi ini diperkirakan dibangun pada akhir sebelum mengalami keruntuhan tepatnya pada masa pemerintahan Ratu Suhita.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3653 seconds (11.97#12.26)