BPBD Jatim Siapkan 12 Titik Pengungsian di Kawasan Semeru

Senin, 05 Desember 2022 - 07:08 WIB
loading...
BPBD Jatim Siapkan 12 Titik Pengungsian di Kawasan Semeru
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim saat ini menyiapkan 12 titik pengungsian. (Ist)
A A A
LUMAJANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim saat ini menyiapkan 12 titik pengungsian . Lokasi pengungsian tersebut dihuni sebanyak 2.219 orang.

Titik lokasi tersebut di antaranya SDN 4 Supiturang sebanyak 266 jiwa, Masjid Supiturang sebanyak 70 orang, Masjid Nurul Jadid Pronojiwo 70 orang.

Kemudian Balai Desa Oro-Oro Ombo sebanyak 217 jiwa, SMPN 2 Pronojiwo 100 orang, SDN 2 Sumberurip sebanyak 119 jiwa, Balai Desa Sumberurip sebanyak 228 jiwa.

Selain itu di Balai Desa Penanggal sebanyak 131 jiwa, Pos Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro sebanyak 52 jiwa, Balai Desa Pasirian sebanyak 216 jiwa, Lapangan Candipuro sebanyak 150 jiwa, dan Kantor Kecamatan Candipuro sebanyak 600 jiwa.

Hingga saat ini, petugas masih terus melakukan proses pendataan para pengungsi guna memaksimalkan bantuan. Data ini sedang berproses sehingga dapat berubah sampai pendataan berakhir.

Sementara itu, untuk layanan kesehatan terdapat di Puskesmas Pasirian dan Puskemas Tempeh, telah disiapkan menjadi tempat perawatan sementara rujukan dari Puskesmas Penanggal dan Puskesmas Candipuro.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat patuh terhadap peringatan dan arahan petugas yang telah berada dilokasi.

Baca: Status Semeru Naik Level Awas, Warga Segera Menyelamatkan Diri.

Saat ini, Pemprov Jatim melalui BPBD Jatim dan relawan telah bergerak menuju lokasi erupsi untuk melakukan penanganan evakuasi dan membantu penyiapan logistik kepada masyarakat sekitar yang terdampak.

"Kami telah berkoordinasi dengan Pemkab Lumajang, khususnya Bupati Lumajang guna mengawal langsung upaya penanganan bencana erupsi Gunung Semeru," katanya, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Awan Panas Gunung Semeru Terjang Lumajang, Jembatan dan Rumah Warga Tertimbun Material Vulkanik.

Penanganan bencana Gunung Semeru ini menjadi prioritas utama Pemprov Jatim utamanya dalam evakuasi para korban terdampak. Termasuk di antaranya kebutuhan para pengungsi.

"Tim BPBD Jatim sudah mulai mengirimkan bantuan baik kebutuhan pokok masyarakat terdampak maupun relawan," pungkasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2735 seconds (11.97#12.26)