Gunung Semeru Erupsi, 3 Daerah di Jatim Berpotensi Hujan Abu

Minggu, 04 Desember 2022 - 16:28 WIB
loading...
Gunung Semeru Erupsi, 3 Daerah di Jatim Berpotensi Hujan Abu
Suasana hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Sejumlah daerah lain juga berpotensi terdampak hujan abu. Foto: Istimewa
A A A
BANYUWANGI - Aktivitas erupsi Gunung Semeru yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu siang (4/12/2022) menyemburkan abu vulkanik setinggi 50 ribu kaki atau 15.000 meter. Kondisi itu mengakibatkan 3 daerah di Jatim berpotensi hujan abu.

Dalam pantauan satelit himawari, semburan abu vulkanik mengikuti arah angin dan condong ke arah darat daya dengan kecepatan 20 knot, sejumlah kota di Jawa Timur berpotensi dilanda hujan abu.

Baca juga: Gunung Semeru Naik Status Awas, Warga Dilarang Beraktivitas di Radius 17 Km

Kantor Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada stasiun meteorologi klas III Banyuwangi, Jawa Timur memantau terjadinya erupsi Gunung Semeru yang berlokasi di Kabupaten Lumajang.



“Paparan material abu vulkanik mengikuti embusan angin ke arah barat daya dengan kecepatan dua puluh knot, sejumlah kota di Jawa Timur, seperti Malang, Blitar dan Kediri berpotensi dilanda hujan abu,” kata Prakirawan BMKG, Dedi Arja.

Baca juga: 16 Orang di Pondok Dekat Gunung Semeru Menolak Dievakuasi

Namun hingga saat, ini belum ada laporan mengenai dampak yang ditimbulkan akibat paparan abu vulkanik, seperti bandar udara masih berlangsung normal.

Sementara, gunung api Semeru dalam status awas atau level IV dengan rekomendasi larangan terhadap masyarakat untuk tidak melakukan segala bentuk aktivitas pada radius 8 kilometer dari puncak gunung.
(nic)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2798 seconds (11.252#12.26)