Lantik 306 Kepala Sekolah SMK, SMA dan SLB, Ini Pesan Khofifah

Sabtu, 03 Desember 2022 - 08:08 WIB
loading...
Lantik 306 Kepala Sekolah SMK, SMA dan SLB, Ini Pesan Khofifah
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik 306 Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB di Lingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Jatim, Jumat (2/12/2022).
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa melantik 306 Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB di Lingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Jumat (2/12/2022).

Pelantikan yang dilaksanakan di Ruang Hayam Wuruk Kantor Gubernur Jatim itu mengacu Surat Keputusan Gubernur Jatim nomor 821.2/8900/204/2022 yang ditetapkan pada tanggal 1 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Khofifah menegaskan sebagai seorang pimpinan lembaga pendidikan, kepala sekolah ibarat motor penggerak. Kepala sekolah harus mampu mengkoordinasikan, menggerakkan, mengambil keputusan, dan juga memberikan teladan bagi seluruh warga sekolah yang dipimpin.

Baca juga: Arumi Bachsin Ingin Ada Pekan Olahraga Khusus Perempuan di Jatim

"Kepala sekolah adalah motor penggerak dan referensi dari seluruh kinerja di lingkungan unit yang Bapak Ibu Pimpin. Kepala sekolah wajib membangun kepemimpinan yang kuat," Kata Gubernur Khofifah.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Jatim ini juga berpesan pada kepala sekolah agar selalu siap dan mampu menjawab tantangan zaman. Serta harus berani berinisiatif, wajib berkolaborasi dan melakukan inovasi-inovasi untuk kemajuan pendidikan di lembaga yang dipimpin. Atau dengan kata lain harus memiliki karakter IKI, inisiatif, Kolaborasi dan inovasi.

Khofifah menambahkan, kebutuhan kolaborasi saat ini harus dibangun baik secara vertikal maupun horisontal baik dengan pemerintah maupun dengan private sector. Oleh sebab itu ia menilai pentingnya membangun strong collaboration dan strong partnership.

Lebih lanjut ia mengatakan, SMK saat ini harus bisa membangun kolaborasi dengan dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja. Pasalnya, lulus SMK para siswa sebagian besar akan terjun langsung dan bersaing di dunia usaha dan dunia kerja. Bisa jadi karyawan bisa pula jadi juragan.

"Bagaimana karakter seorang siswa siap untuk menjadi karyawan siap untuk jadi juragan itu kan harus dibangunkan akses dan semangat untuk siap jadi juragan yang handal," katanya.

Orang nomor satu di Jatim itu meminta kepala sekolah untuk senantiasa mendoakan para siswanya agar menjadi siswa yang sukses, bermanfaat ilmunya, siswa yang senantiasa menghormati orang tua dan gurunya. Karena menurutnya doa menjadi hal penting yang mampu mengawal dan mengantarkan anak-anak meraih sukses.

"Para Kepala sekolah dan guru wajib mendoakan para siswa-siswinya , wajib doakan di setiap proses peribadatan yang kita lakukan," pungkasnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)