Menhub Budi Karya Launching Pengoperasian Terbatas Kereta Api Maros-Pangkep

Jum'at, 02 Desember 2022 - 21:55 WIB
loading...
Menhub Budi Karya Launching Pengoperasian Terbatas Kereta Api Maros-Pangkep
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan soft launching pengoperasian terbatas Kereta Api (KA) jalur ruas Pangkajene Kepulauan (Pangkep)-Maros digelar Jumat (2/12/2022). Foto Najmi S Limonu
A A A
MAROS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan soft launching pengoperasian terbatas Kereta Api (KA) jalur ruas Pangkajene Kepulauan (Pangkep)-Maros digelar Jumat (2/12/2022).Pada Mei 2023 mendatang akan dilakukan Grand Launching pengoperasian Kereta Api.

"Hari ini adalah hari yang bersejarah karena cita-cita kita mempunyai kereta api di Sulawesi dapat terwujud, sesuai dengan paradigma pembangunan Indonesia sentris yang tidak terpusat di Jawa. Diharapkan saat grand launching akan dihadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo," kata Menhub Budi Karya , Jumat (2/12/2022). Baca juga: Bisa Tampung 1.000 Orang, KM Tatamailau jadi Hotel Terapung di Ajang Sail Tidore 2022



Soft launching dihadiri antara lain Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Aras dan Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras, Bupati Maros Chaidir Syam, Bupati Pangkajene Kepulauan Muhammad Yusran Lalogau, dan Wakapolda Sulsel Brigjen Chuzaini Patoppoi.

Sebelumnya, pada Oktober 2022 telah dioperasikan secara terbatas jalur kereta api dari Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu sepanjang 66 Km yang melewati 7 (tujuh) stasiun. Jalur ini dilayani kereta wisata dan sudah bisa digunakan masyarakat secara terbatas.

Dalam tinjauannya hari ini, Budi menjajal jalur tersebut menggunakan kereta wisata dari Stasiun Maros ke Stasiun Pangkajene dan Stasiun Rammang Rammang. Upaya soft launching, kata dia, dilakukan untuk mengenalkan kereta api ini kepada masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

"Kita lakukan bertahap dan tiketnya digratiskan sampai Desember 2022. Hal ini dilakukan agar masyarakat semakin percaya untuk menggunakan KA Trans Sulawesi dan dapat mengunjungi sejumlah objek wisata yang berada di sekitar stasiun yang dilewati. Seperti objek wisata Rammang Rammang," jelasnya.

Dia menjelaskan kalau bulan Februari 2023 akan disediakan angkutan bus dengan Skema Buy The Service dari Stasiun Rammang Rammang ke Stasiun Maros menuju Bandara Sultan Hasanuddin sebagai sarana integrasi antarmoda, sekaligus akses untuk berkeliling tempat wisata sebagai angkutan dari dan ke stasiun.

Selanjutnya, pada Maret 2023 akan beroperasi kereta api penumpang perintis dan kereta api barang Stasiun Maros-Stasiun Garongkong sepanjang 80 Km dan Tonasa-Garongkong sepanjang 66 km yang ditargetkan pada bulan Maret 2023.

Lalu pada Bulan Mei 2023, akan menambah panjang jalur yang beroperasi yaitu mulai Stasiun Mandai-Stasiun Garongkong sepanjang 84 km melalui 10 Stasiun.Baca juga: Hindari Tumpang Tindih Kewenangan, Penetapan Tarif Ojol ke Pemda Perlu Dievaluasi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1531 seconds (10.177#12.26)