Kapolri Panen di KTN Tangerang, Kapolda NTB Kunjungi Kampung Sehat Nunut Tatanan Baru

Kamis, 09 Juli 2020 - 17:10 WIB
loading...
Kapolri Panen di KTN Tangerang, Kapolda NTB Kunjungi Kampung Sehat Nunut Tatanan Baru
Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Muhammad Iqbal meluncurkan sekaligus meresmikan Desa Kembang Kuning sebagai Kampung Sehat Nunut Tatanan Baru (NTB). Foto/Ist
A A A
LOMBOK TIMUR - Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Muhammad Iqbal mengunjungi Desa Kembang Kuning sebagai Kampung Sehat Nunut Tatanan Baru (NTB). Kunjungan di Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur tersebut dilakukan seiring berlangsungnya acara Panen Raya, Tebar Benih, Baksos dan Kampung Tangguh Nusantara (KTN), di Desa Ketapang Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang, Banten oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Menurut Iqbal saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan pengetatan yang sangat luar biasa, di mana tidak boleh satupun masyarakat keluar rumah karena di seberang jalan telah menunggu social security, tentunya perputaran ekonomi akan terancam. (Baca juga: BPPTKG Ungkap Gunung Merapi Mengalami Penggembungan)
Kapolri Panen di KTN Tangerang, Kapolda NTB Kunjungi Kampung Sehat Nunut Tatanan Baru

"Alhamdulillah, di Provinsi NTB ini ekonomi cukup stabil dan ini menjadi blessing in disguise juga di tengah-tengah pandemic seperti roller coaster, kadang naik kadang turun. Kita mensyukuri bahwa kekayaan alam dan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa yang dikelola oleh seluruh elemen masyarakat," ungkap Iqbal didampingi Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Kamis (9/7/2020). (Baca juga:Ratusan Peluru Meriam Diduga Peninggalan Tuanku Imam Bonjol Ditemukan)

Sejalan dengan kegiatan panen raya oleh Kapolri dan Panglima TNI di Kampung Tangguh Ketapang, maka Polda NTB mengejawantahkan program Kampung Tangguh Nusantara sesuai kondisi wilayah NTB. “Untuk di NTB, Program Kampung Tangguh Nusantara kita implementasikan hari ini, dengan meluncurkan Desa Kembang Kuning sebagai Kampung Sehat Nunut Tatanan Baru, yang juga berbasis lomba. Ini dalam upaya memperkuat ketahanan pangan di Nusa Tenggara Barat. Alhamdulillah, saya yang diberi kepercayaan oleh Allah SWT untuk meluncurkannya,” tandas mantan Kadiv Humas Polri ini.

Jenderal bintang dua ini mengaku telah melaksanakan pengutan ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19 sejak 4 bulan yang lalu bersama TNI melalui penebaran benih ikan, padi, pemberdayaan perkebunan serta peternakan di 34 Polda se-Indonesia.

“Saat ini dilaksanakan panen raya serta penanaman dan penebaran benih, yang diikuti secara virtual atau zoom di 34 polda se-Indonesia. Nah, untuk menjaga keberlangsungan program ini, Polri pun meluncurkan Program Kampung Tangguh Nusantara baru, yang mengusung tema Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan,” ujarnya

Pada acara itu, lanjut Iqbal, Kapolri bersama Panglima TNI memimpin acara dari Kampung Tangguh Nusantara, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk diikuti panen padi pada lahan seluas 8 hektare, penebaran benih ikan dengan total satu ton oleh Kapolda Jawa Barat di Majalengka.

"Sementara Polda NTB mengikuti acara secara virtual dari tempat ini, dan khusus untuk daerah Seribu Masjid ini kita beri label Kampung Sehat (Steril, Ekonomi produktif, Harmonis, Asri, dan Tangguh) Nurut Tatanan Baru," tandasnya.

Lebih jauh mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menjelaskan, terpilihnya Desa Kembang Kuning sebagai lokasi mengikuti secara virtual acara Kapolri dan Panglima TNI bukan hanya sekedar memilihan tanpa pertimbangan. Namun karena Kembang Kuning merupakan salah satu desa yang memiliki potensi unggulan.

“Selain pada 2017 Desa Kembang Kuning pernah dikukuhkan menjadi Desa Wisata Terbaik oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Beberapa usaha desa di bawah binaan Polres Lombok Timur dan Kodim 1615/Lombok Timur, yang dikelola oleh masyarakat saat ini sudah siap dipanen dan dinikmati,” ucapnya.

Selain Desa Kembang Kuning, ke depan akan bermunculan desa-desa lain di NTB yang memacu diri dengan segala potensi yang ada dalam pengutan ketahanan pangan. “Kami berharap ke depan NTB menjadi provinsi percontohan pengutan ketahanan pangan melalui Kampung Sehat NTB, lebih-lebih dulu NTB pernah swasembada pangan sehingga memunculkan istilah Bumi Gora (Gogo Rancah). Kita berdoa dan terus berikhtiar agar apa yang menjadi cita-cita dan keinginan kita bisa terwujud. Amin,” katanya.

Sementara Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah mengapresiasi sinergitas dan soliditas TNI-Polri, dalam penanganan pandemi COVID-19 di NTB. "Harus kita syukuri memiliki Kapolda juga Danrem yang begitu peduli, karena memang sekarang kan kita mengalami masa yang sangat sulit. Masa sulit itu hanya bisa kita lalui dengan kebersamaan," ungkap Wagub.

Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani ditemui usai panen raya menyatakan dukungan penuh, terhadap program Kampung Sehat. "Kami terus mendorong seluruh masyarakat dan bersinergi dengan TNI-Polri untuk meningkatkan hal tersebut, sehingga situasi perekonomian tetap terjamin dan keamanan tetap kondusif kalau perut kenyang dan terjamin," tegasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2609 seconds (0.1#10.140)