Kepincut Ekotren, Ribuan Kiai Muda di Ngawi Dukung Ganjar Presiden 2024

Rabu, 30 November 2022 - 13:42 WIB
loading...
Kepincut Ekotren, Ribuan Kiai Muda di Ngawi Dukung Ganjar Presiden 2024
Ribuan kiai muda di Ngawi, Jatim menggelar Maulid Nabi, doa bersama, dan sholawatan di Lembaga Pendidikan Al Hidayah, Desa Dari, Tawun, Kasreman, Ngawi. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
NGAWI - Ribuan kiai muda di Ngawi, Jawa Timur (Jatim) menggelar Maulid Nabi, doa bersama, dan sholawatan. Mereka berdoa agar bangsa Indonesia lebih maju, sejahtera, dan aman untuk semua orang.

Ada harapan dalam doa mereka agar Indonesia mendapatkan pemimpin yang baik, nasionalis, cinta kepada rakyat, peduli terhadap pesantren, menjunjung tinggi toleransi, diterima semua kalangan, dan punya program terbaik. Menurut mereka, sosok pemimpin itu adalah Ganjar Pranowo. Baca juga: Di Pontianak, Jokowi Kembali Sebut Sosok Berambut Putih

Ribuan kiai muda tersebut kemudian mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Deklarasi diikuti para kiai, ulama, dan pimpinan pondok pesantren (ponpes) di Lembaga Pendidikan Al Hidayah, Desa Dari, Tawun, Kasreman, Ngawi.

Pendiri Lembaga Pendidikan Al Hidayah, Nasrodin Alwi mengatakan, figur Ganjar Pranowo sangat dekat dengan kalangan pesantren dan anak muda. Nasrodin melihat ada banyak program kerja unggulan Ganjar di kalangan santri, salah satunya ekonomi pesantren (ekotren). "Itu yang membuat kita sebagai kiai muda, semangat untuk mendukung beliau sebagai presiden 2024," kata Nasrodin, Rabu (30/11/2022).

Program ekonomi pesantren yang digagas Ganjar membuat para santri dan civitas ponpes mendapatkan pelatihan hingga pendampingan untuk pengembangan usaha. Dengan program ini, Ganjar mendorong kemampuan pesantren untuk menggerakan perekonomian di lingkungan masyarakat sekitar.

Ganjar juga terus menjalankan amanat UU No 18/2019 tentang Pesantren yang mengharuskan setiap pemerintah daerah memfasilitasi ponpes. Antara lain fasilitas pendidikan, pendampingan, hingga pemberdayaan para santri yang diproyeksikan melahirkan kalangan santri yang lebih unggul dan kompetitif.

Dari program tersebut, kata Nasrodin, kinerja Ganjar sebagai seorang pemimpin sudah terbukti. Terlebih lagi, Nasrodin menyebut program itu melibatkan dan menitikberatkan pada pengembangan kuwala muda, dalam hal ini santri.

Nasrodin berharap, Ganjar dapat melanjutkan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) 2024 mendatang. Nasrodin menyakini Indonesia semakin baik dan maju melalui kepemimpinan Ganjar Pranowo. Baca juga: Deretan Kiai Bergelar Pahlawan Nasional, Ada Pendiri NU dan Muhammadiyah

Koordinator Kiai Muda Jatim Kiai Ali Baidlowi MZ akan terus menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo ke seluruh masyarakat, khususnya kalangan pesantren. Kiai Ali mengatakan, pihaknya ingin menunjukkan bahwa Ganjar dapat memberikan kepemimpinan terbaik untuk bangsa Indonesia.

"Insya Allah kita sosialisasikan terus ke kabupaten-kabupaten dan kota se-Jawa Timur. Mungkin habis ini bisa di Madiun, di Gresik, di Lamongan, juga di kabupaten-kabupaten lain. Kita tunjukkan bahwa Pak Ganjar itu layak dipilih daripada yang lainnya," katanya.
(poe)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1651 seconds (10.55#12.26)