Sambangi 'Meja Kopi' Milik Kelompok Papua Muda Inspiratif, Wapres Ma'ruf Sampaikan Harapan Ini

Selasa, 29 November 2022 - 18:03 WIB
loading...
Sambangi Meja Kopi Milik Kelompok Papua Muda Inspiratif, Wapres Maruf Sampaikan Harapan Ini
Wapres Maruf Amin menyempatkan diri mampir di Meja Kopi, kedai milik kelompok Papua Muda Inspiratif. Pada kesempatan ini, Wapres Maruf menyampaikan harapannya agar kopi Papua bisa mendunia. Foto Antara
A A A
JAYAPURA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyempatkan diri mampir di "Meja Kopi", kedai milik kelompok Papua Muda Inspiratif. Pada kesempatan ini, Wapres Ma'ruf menyampaikan harapannya agar kopi Papua bisa mendunia.



Wapres lalu mengisahkan bagaimana Mesir bisa mengekspor kopi meskipun bukan daerah penghasil. Sehingga menurutnya, Papua sangat berpotensi untuk menjadi pengekspor kopi ke berbagai negara. Baca juga: KH Maruf Amin Harap Perayaan Natal Berlangsung Damai dan Penuh Toleransi

"Saya kemarin ke Mesir. Mesir ternyata ekspor kopi ke Amerika, ke Eropa. Saya tanya, memang Mesir punya kopi? Ternyata kopinya dari Indonesia, rempah-rempah juga dari Indonesia lalu diekspor ke Mesir dan di Mesir diolah dengan rempah dan kopi dari Indonesia lantas jadi kopi Mesir dan dikirim ke Amerika dan Eropa. Indonesia harus punya sendiri, kopi Papua dari Indonesia untuk dunia," kata Wapres Ma'ruf di Jayapura, Selasa (29/11/2022).

Wapres datang ke kedai "Meja Kopi" yang berlokasi di kompleks pertokoan Jayapura Pacific Permai tersebut, usai berolahraga pagi di sela-sela kunjungan kerja ke empat provinsi di Papua.

Salah satu pegiat Papua Muda Inspiratif, Lita Numberi mengatakan baik bahan baku maupun barista kopi di Meja Kopi adalah anak-anak asli Papua. Baca juga: Wapres Ingin Pameran Artefak Rasulullah SAW Digelar di Berbagai Daerah

"Kami walaupun ada yang hitam, ada yang putih, semua asli anak-anak Papua. Di depan Bapa, ada kemasan kopi produk-produk kami yang merupakan hasil pendampingan kepada petani di Pegunungan Bintang, Yahukimo, dan lainnya. Lalu kami ambil dan jadi produk di sini," kata Lita menjelaskan kepada Wapres.

Lita menyebut kelompoknya ingin menjadikan kopi Papua ikut mendunia. "Biar kami ada di ujung timur, kami mau belajar, hanya saja kemasan masih dari Pulau Jawa," ujar Lita pula.

Lita juga mengungkapkan pada 2023, ia bersama kelompoknya akan membuat acara "Coffee Papua Expo" untuk mengundang pembeli luar Papua melihat sendiri kopi-kopi Papua.

Pada kesempatan ini Wapres Ma'ruf menyampaikan apresiasinya kepada komunitas Meja Kopi yang sudah melakukan upaya untuk mengembangkan kopi Papua dan juga melibatkan anak-anak muda Papua.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2746 seconds (11.252#12.26)