Heroik! Guru di Gunungkidul Selamatkan Siswa saat Atap SD Muhammadiyah Ambruk

Kamis, 17 November 2022 - 20:18 WIB
loading...
Heroik! Guru di Gunungkidul Selamatkan Siswa saat Atap SD Muhammadiyah Ambruk
Atap bangunan SD Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta, ambruk. Foto/Ist.
A A A
GUNUNGKIDUL - Kepanikan melanda para siswa dan guru SD Muhammadiyah Blembem, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul. Atap bangunan sekolah tersebut, tiba-tiba ambruk saat jam pelajaran berlangsung.

Baca juga: Siswa SD Muhammadiyah di Gunungkidul Kritis Tertimpa Atap Sekolah Ambrol

Kanit Reskrim Polsek Semin, Iptu Sumiran menuturkan, peristiwa ambruknya atap bangunan sekolah tersebut, terjadi Kamis (17/11/2022) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Atap gedung SD Muhammadiyah Blembem ambrol menimpa siswa. "Yang ambrol itu tepatnya di ruang kelas dua," katanya.



Menurut Sumiran, atap bangunan kelas dua roboh diakibatkan karena kuda-kuda yang terbuat dari kayu tiba-tiba patah dan roboh. Karena tertutup plafon kuda-kuda tidak kelihatan kalau sudah rapuh.

Baca juga: Seorang Ibu Nekat Cegat Mobil Presiden Jokowi di Pasar Badung

Pada saat kejadian, di dalam ruangan kelas dua sedang berlangsung kegiatan belajar mengajar. Tiba-tiba plafon ambrol, dan guru yang mengajar serta siswa berteriak minta tolong. Mereka kemudian berlari keluar kelas. "Mereka semua lari keluar kelas tetapi ada yang tertinggal satu orang," kata Sumiran.

Kala itu ada satu siswa bernama Aisyah terjebak di tempat duduknya. Kemudian guru kelas yang bernama Ismail Maarzani (47) warga Gunung Sempu Kidul, Rejosari, Kapanewon Semin, lantas menahan kuda-kuda dengan menggunakan tangan.

Seketika itu pula karyawan SD Muhammadiyah, Ary Susanto berlari masuk ke ruang kelas. Dia langsung mengevakuasi Aisyah hingga berhasil keluar kelas. Kemudian semua siswa yang ada di ruangan kelas lain diminta untuk keluar. "Mereka semua dievakuasi di halaman Masjid depan sekolah," terang Sumiran.

Baca juga: Tugas Amankan KTT G20 Polisi Tewas Ditikam saat Sewa PSK Online, 2 Pelaku Ditangkap
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1848 seconds (10.101#12.26)