Dua Kali Gempa Susulan Cianjur Dirasakan Warga Purwakarta

Jum'at, 25 November 2022 - 09:39 WIB
loading...
Dua Kali Gempa Susulan Cianjur Dirasakan Warga Purwakarta
Warga Kabupaten Purwakarta kembali merasakan dua kali getaran gempa, Jumat (25/11) dini hari. (Ist)
A A A
PURWAKARTA - Warga Kabupaten Purwakarta kembali merasakan dua kali getaran gempa , Jumat (25/11) dini hari. Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 01.44 WIB dan pukul 03.51 WIB itu merupakan gempa susulan yang berpusat di Kabupaten Cianjur.

Pantauan MNC Portal Indonesia, guncangan dirasakan oleh warga yang tinggal di Purwakarta bagian selatan, seperti di wilayah Kecamatan Maniis, Tegalwaru, Plered dan Darangdan.

Tidak banyak warga yang keluar rumah, meski demikian sumir-sumir suara warga yang merasakan guncangan cukup terdengar. Setelahnya tidak sedikit dari mereka yang memasang status di media sosial.

"Astagfirullah, aya lini deui (Astagfirullah, ada gempa lagi)," ujar salah seorang warga yang duduk di pinggir jalan setelah keluar dari rumahnya di Kecamatan Plered.

Sementara itu, dari pantauan di salah satu group facebook Silaturahmi Masyarakat Plered (Simple), akun bernama Boedack Salafi memposting pertanyaan soal gempa susulan yang terjadi di Cianjur dinihari tadi.

"Saurna cianjur aya gempa deui lumayan ageung, ka daerah urang aya nu ngaraos oyag teu.? (Katanya Cianjur ada gempa lagi lumayan ageng, ke daerah kita ada yang merasakan guncangan gak)," Pertanyaan akun facebook tersebut langsung mendapat respon. Beberapa dari pengguna media sosoal itu mengaku merasakanya.

"abi d sempur ngaraoskn 2x sekitar jam 1 bde k jam 2, (saya di Sempur merasakan 2x sekitar jam 1 mau ke jam 2)"tulis akun facebook bernama Sri Wulandari.

"Muhun jm 2 kirng (iya jam 2 kurang),"jawab akun lainnya bernama Sinta.

Baca: Mencekam, 2 Kelompok Massa di Binjai Terlibat Perang Batu dan Panah Beracun.

Hingga Jumat pagi ini tidak ada laporan adanya kerusakan bangunan atau dampak kerusakan lain di Kabupaten Purwakarta terkait gempa susulan di Cianjur yang wilayahnya bertetangga dengan Purwakarta tersebut.

Diketahui, data yang dirilis BMKG gempa yang terjadi pada pukul 01.44 WIB tersebut berkekuatan magnitudo 4,1 berpusat di darat 12 Km Barat Daya Cianjur dengan kedalaman 10 Km.

Sementara gempa susulan berikutnya pukul 03.51 WIB berkekuatan magnitudo 3,4 berpusat di darat 7 km Barat Daya Cianjur dengan kordinat 6,85 lintas selatan dan 107,08 bujur timur.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1165 seconds (10.55#12.26)