Berbasis Online, Digitalisasi KUA di Manado Dipercepat

Rabu, 23 November 2022 - 13:22 WIB
loading...
Berbasis Online, Digitalisasi KUA di Manado Dipercepat
Digitalisasi data layanan KUA di Kota Manado, Sulut dipercepat. Semua layanan kepada masyarakat bakal berbasis online. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
MANADO - Digitalisasi data layanan kantor urusan agama (KUA) di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dipercepat. Semua layanan kepada masyarakat bakal berbasis online.

Percepatan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan ke masyarakat. Percepatan digitalisasi diimbangi dengan upaya meningkatkan kemampuan pegawai di KUA dalam pemanfaatan teknologi-teknologi terbaru.



"Percepatan Digitalisasi Data Layanan KUA Tingkat Kota Manado ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan KUA kepada masyarakat," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Manado, Rogaya, Rabu (23/11/2022).

Dia mengatakan Binmas Islam menyelenggarakan pelatihan yang melibatkan seluruh kepala KUA, penghulu dan pelaksana pada KUA Kecamatan se Kota Manado.



Oleh karena itu, Rogaya meminta kepada seluruh KUA untuk lebih dan terus memperbaiki layanan agar masyarakat mudah mengakses informasi serta transparansi layanan.

Perbaikin ini sangat penting untuk meningkatkan pelayanan KUA kepada masyarakat menjadi lebih optimal.


Saat ini, lanjut Rogaya, KUA menjadi pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama.

Setiap pelayanan KUA harus berpegang pada prinsip moderat, inklusif, mudah, handal, kredibel, dan transparan. KUA tidak lagi dikenal sebagai kantor yang hanya melayani urusan pernikahan. Namun juga pelayanan semua aspek kehidupan keagamaan masyarakat yang cepat, tepat dan benar.

Sehingga untuk mengukur capaian program strategi KUA ditentukan dengan menjalankan fungsi manajemen melalui peningkatan kapasitas kelembagaan meliputi perbaikan fisik, sarana dan prasarana, pemberdayaan ekonomi umat.

Selanjutnya konsultasi keluarga, peningkatan sumber daya manusia, penyempurnaan standar layanan, transformasi digital, penguatan regulasi, dan penguatan dan integrasi data.

Oleh karena itu, diharapkan para peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh karena begitu banyak layanan berbasis online yang diberikan untuk mengoptimalkan pelayanan di KUA.

Di antaranya seperti Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) berbasis web, Sistem Informasi Masjid (Simas), Sistem Informasi Wakaf (Siwak) hingga Sistem Informasi PNBP Online (Simpang).
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2905 seconds (0.1#10.140)