Berbasis Online, Digitalisasi KUA di Manado Dipercepat

Rabu, 23 November 2022 - 13:22 WIB
loading...
Berbasis Online, Digitalisasi KUA di Manado Dipercepat
Digitalisasi data layanan KUA di Kota Manado, Sulut dipercepat. Semua layanan kepada masyarakat bakal berbasis online. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
MANADO - Digitalisasi data layanan kantor urusan agama (KUA) di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dipercepat. Semua layanan kepada masyarakat bakal berbasis online.

Percepatan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan ke masyarakat. Percepatan digitalisasi diimbangi dengan upaya meningkatkan kemampuan pegawai di KUA dalam pemanfaatan teknologi-teknologi terbaru.

Baca juga: Menteri Agama Revitalisasi 5.945 KUA di Indonesia

"Percepatan Digitalisasi Data Layanan KUA Tingkat Kota Manado ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan KUA kepada masyarakat," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Manado, Rogaya, Rabu (23/11/2022).

Dia mengatakan Binmas Islam menyelenggarakan pelatihan yang melibatkan seluruh kepala KUA, penghulu dan pelaksana pada KUA Kecamatan se Kota Manado.



Oleh karena itu, Rogaya meminta kepada seluruh KUA untuk lebih dan terus memperbaiki layanan agar masyarakat mudah mengakses informasi serta transparansi layanan.

Perbaikin ini sangat penting untuk meningkatkan pelayanan KUA kepada masyarakat menjadi lebih optimal.

Baca juga: Update Data Gempa Cianjur, BPBD Jabar: Korban Tewas 284 Orang

Saat ini, lanjut Rogaya, KUA menjadi pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama.

Setiap pelayanan KUA harus berpegang pada prinsip moderat, inklusif, mudah, handal, kredibel, dan transparan. KUA tidak lagi dikenal sebagai kantor yang hanya melayani urusan pernikahan. Namun juga pelayanan semua aspek kehidupan keagamaan masyarakat yang cepat, tepat dan benar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2608 seconds (11.210#12.26)