5 Gempa Bumi Terdahsyat Guncang Jawa Barat, Nomor 1 Picu Tsunami Mengerikan

Selasa, 22 November 2022 - 20:28 WIB
loading...
5 Gempa Bumi Terdahsyat Guncang Jawa Barat, Nomor 1 Picu Tsunami Mengerikan
Jawa Barat pernah mengalami beberapa kali gempa bumi hingga menyebabkan korban jiwa dan ribuan rumah hancur. Ada lima gempa bumi dasyat mengguncang JawaBarat. Foto/Antara/Yulius Satria Wijaya
A A A
CIANJUR - Indonesia rawan gempa bumi karena lokasinya yang berada di patahan lempengan. Dari sejumlah provinsi di Indonesia, Jawa Barat tercatat pernah mengalami beberapa kali gempa dahsyat hingga menyebabkan korban jiwa dan ribuan rumah hancur.

Baca juga: Terbaru! Korban Meninggal Gempa Cianjur Capai 268 Orang, 122 Berhasil Diidentifikasi

Berikut 5 gempa terdahsyat di Jawa Barat, yang berhasil dirangkum tim Litbang MPI:

1. Gempa dan Tsunami Pangandaran pada 2006

Gempa dahsyat disusul tsunami pernah melanda wilayah Pangandaran pada 17 Juli 2006. Pusat gempa bermagnitudo 6,8 itu tercatat berada di Samudra Hindia, lepas pantai Jawa Barat.



Sementara itu, tsunami yang dihasilkan akibat gempa ini setinggi 10 meter dan meluluhlantakkan permukiman di sekitar pesisir selatan pulau Jawa. Menurut catatan BNPB, korban jiwa yang ditimbulkan akibat tragedi ini mencapai 600 orang, sementara 134 orang lainnya dinyatakan hilang.

Menurut kesaksian mereka yang tinggal di sekitar pantai, gempa tersebut tidak dirasakan. Oleh karena itu, tidak ada yang menyangka bahwa gelombang tsunami akan datang sehingga korban jiwa banyak berjatuhan.

2. Gempa Tasikmalaya pada 2009

Gempa dahsyat berikutnya terjadi di Tasikmalaya. Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 ini terjadi pada 2 September 2009. Getaran gempa bahkan terasa hingga ke Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Pulau Dewata, Bali.

Baca juga: Gempa Dahsyat Cianjur, Banyak Jatuh Korban dan Bangunan Rusak Berat
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1561 seconds (11.97#12.26)