6 Rumah dan 1 Tempat Ibadah di Bandung Barat Rusak Terkena Guncangan Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 - 13:32 WIB
loading...
6 Rumah dan 1 Tempat Ibadah di Bandung Barat Rusak Terkena Guncangan Gempa Cianjur
Bangunan rusak diguncang gempa Cianjur. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Enam rumah dan satu tempat ibadah, di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dilaporkan mengalami kerusakan akibat guncangan gempa Cianjur. Kerusakan bangunan tersebar di lima kecamatan.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, kerusakan terjadi di Kecamatan Cipatat, Cikalongwetan, Cihampelas, Rongga, dan Kecamatan Cipongkor. Selain kerusakan bangunan, gempa juga mengakibatkan satu orang terluka.

Sekretaris Desa Kertamukti, Kecamatan Cipatat, Heryana menyebutkan, dua rumah yang rusak berada di Kampung Sirnasari RT1/15. Dua rumah tersebut merupakan milik warga bernama Dadang (50).

Baca juga: Sisir Korban Gempa Cianjur, Basarnas Kerahkan Helikopter

Gempa menyebabkan tembok ampig rumahnya ambruk dan menimpa atap dan genting rumah di sebelahnya.

"Yang runtuh tembok ampig, panjangnya sekitar 6 meter. Material bata yang runtuh menimpa genting rumah di sebelahnya," terangnya, Selasa (22/11/2022).

Dia memastikan, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, karena pada saat kejadian gempa pemilik rumah telah menyelamatkan diri ke luar rumah. Mereka sudah merasakan ada getaran yang kuat lalu berlarian ke luar rumah.

Baca: BMKG: Gempa Cianjur M5,6 Akibat Aktivitas Sesar Cimandiri

Aparat kewilayahan bersama warga setempat langsung melakukan evakuasi material tembok yang runtuh. Pihaknya juga terus mendata dan monitoring dampak kerusakan pasca gempa di daerahnya.

"Monitoring dampak dari gempa terus kami lakukan dan saat ini baru dua rumah yang dilaporkan rusak," imbuhnya.

Baca: Apa Itu Sesar Cimandiri Penyebab Gempa Cianjur

Sementara itu, kerusakan juga terjadi di Kampung Pasir Muncang, RT 01/01, Desa Cinta Asih, Kecamatan Cipongkor ada satu rumah rusak ringan. Lalu di Kampung Pamoyanan, RT 02/20, Desa Sukaresmi, menyebabkan satu rumah rusak ringan dan satu rumah ibadah rusak sedang.

Kerusakan rumah juga terjadi di Kampung Cadas, RT 03/03, Desa Ciptagumati, Kecamatan Cikalongwetan. Serta di Desa Mekarjaya, Kecamatan Cihampelas, ada satu rumah rusak ringan serta satu orang luka ringan.
(san)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2020 seconds (11.97#12.26)