2 Orang Tewas Akibat Gempa Cianjur, 4 Terluka

Senin, 21 November 2022 - 14:58 WIB
loading...
2 Orang Tewas Akibat Gempa Cianjur, 4 Terluka
Gempa Cianjur dengan kekuatan M5,6 mengakibatkan korban jiwa. Data sementara, ditemukan dua warga tewas dan empat terluka serta ratusan gedung dan rumah roboh. Foto/Ist
A A A
CIANJUR - Gempa Cianjur dengan kekuatan 5,6 Magnitudo (M) mengakibatkan korban jiwa. Data sementara, ditemukan dua warga tewas dan empat terluka serta ratusan gedung dan rumah roboh serta rusak berat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan korban tewas sementara dua orang dan empat terluka.

"Gempa dirasakan Sangat Kuat di Kabupaten Cianjur selama 10 - 15 detik. Masyarakat panik dan keluar rumah," tulis BNPB dalam keterangan resminya.

Hal itu dibenarkan Bupati Cianjur Herman Suherman yang mengungkapkan adanya laporan dari beberapa kepala desa mengenai korban meninggal akibat gempa M5,6 yang terjadi pada pukul 13.21 WIB. Hingga saat ini masih terus dilakukan proses pendataan.

Dia juga mendapat laporan dari kepala desa di Kecamatan Cugenang bahwa banyak rumah warga yang hancur. Bangunan SMK 1 Cugenang hancur.

“Banyak jalan yang terputus sehingga mobil maupun sepeda motor tidak bisa melintas. Para kepala desa di Cianjur melaporkan bahwa mereka membutuhkan alat berat untuk membersihkan bangunan rusak dan longsor,” terang Herman.

Ada pula tebing yang longsor di Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang membuat arus lalu lintas Cianjur-Cipanas terputus. Herman pun menerima informasi ada sekitar delapan mobil yang sedang melintas tertimbun longsor di sana. Saat ini sedang dilakukan evakuasi.

Beberapa rumah sakit sudah menampung sejumlah warga yang terkena longsor dan terkena runtuhan rumah-rumah mereka.

“Semua aparat sekarang sedang mobile untuk memantau dampak gempa dan memberi pertolongan pertama kepada korban. Itu prioritas saat ini selain kembali membuka jalur jalan yang terputus agar petugas dan alat berat bisa mudah melakukan evakuasi,” jelasnya.

Gempa terkini berkekuatan 5,6 magnitudo yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat terasa di sejumlah daerah. Kawasan di Jabodetabek hingga Bandung dan Sukabumi ikut terkena guncangan gempa, Senin (21/11/2022).

Gempa pun dirasakan beberapa daerah yakni Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bekasi, Depok, Bandung, dan Jakarta.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 13.21 WIB. Titik koordinat 6.84 LS-107.05 BT.

Pusat gempa berada di laut berjarak 10 Km Barat Daya Cianjur. Sedangkan kedalaman gempa 10 Km.

"Gempa-gempa, terasa banget gempanya. Itu TV sampai goyang-goyang," ujar Wuri, yang berada di lantai 4 gedung di Jakarta Pusat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7047 seconds (0.1#10.140)