Dukung Tingkatkan PAD, Transaksi Pemda Bone Bolango Berbasis Digital

Rabu, 08 Juli 2020 - 19:56 WIB
loading...
Dukung Tingkatkan PAD, Transaksi Pemda Bone Bolango Berbasis Digital
Bupati Hamim Pou saat jadi narasumber ETP dalam Webinar Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah menuju New Normal, di ruang rapat besar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Rabu (8/7/2020).
A A A
BONE BOLANGO - Bupati Hamim Pou tampil sebagai narasumber pada acara Elektronifikasi Transaksi Pemda disampaikan dalam Webinar Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah menuju New Normal, bertempat di ruang rapat besar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Rabu (8/7/2020).

Webinar diikuti lebih dari seribu peserta se-Indonesia membahas Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP). ETP adalah upaya mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemda dari cara tunai menjadi nontunai berbasis digital. Pembayaran nontunai tersebut dalam rangka mendukung peningkatan PAD, tranparansi dan akuntabilitas serta perbaikan kualitas ease of doing bussines.

Pada kesempatan itu, Bupati memaparkan apresiasinya karena telah menunjuk pemerintah Kabupaten Bone Bolango sebagai narasumber. Bupati Hamim menjelaskan transaksi secara online telah dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango hingga ke tingkat desa. Ada dua hal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dalam mendukung implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP) di Kabupaten Bone Bolango

"Kami di Bone Bolango terus melakukan efisiensi kemudian memperbaiki kinerja. Karena ketika kami percaya efisiensi itu akan membuat anggaran-anggaran yang tidak perlu atau tidak penting akan kita alihkan untuk membiayai sektor publik. Dan yang kedua kinerja yang baik juga kita akan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Keuangan berupa dana insentif daerah," ungkap Bupati Hamim.

Selain itu sejak 2017 sudah menerapkan transaksi online tidak hanya di pembayaran gaji tapi juga di tunjangan kinerja dan pemanfaatan alokasi dana desa juga berbasis online. "Mugkin lusa nanti kami akan melaunching penerapan QRIS di lokasi-lokasi wisata yang ada dikabupaten Bone Bolango," terangnya.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Perwakilan BI Gorontalo Budi Widihatano, Sekda Ishak Ntoma, Kadis BPKD Jusni Bolilio, Kadis PTSP Jumaidil, Kabag Umum, Protokol dan Dokumentasi Rizal A. Djunaid.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3912 seconds (0.1#10.140)