BBKSDA Gagalkan Penyelundupan 22 Satwa Papua Barat yang Dilindungi, Ada Oknum Aparat Terlibat

Senin, 21 November 2022 - 04:47 WIB
loading...
BBKSDA Gagalkan Penyelundupan 22 Satwa Papua Barat yang Dilindungi, Ada Oknum Aparat Terlibat
BBKSDA Papua Barat, berhasil menggagalkan upaya penyeludupan 22 satwa dilindungi dari kapal penumpang Pelni di Pelabuhan Laut Sorong, Minggu (20/11/2022) malam. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripatty
A A A
SORONG - Upaya penyelundupan 22 satwa dilindungi dari Papua Barat, berhasil digagalkan oleh aparat Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat. Penggagalan penyelundupan satwa ini dilakukan di Pelabuhan Laut Sorong, Minggu (20/11/2022) malam.

Baca juga: Dramatis! Prajurit TNI AD Selamatkan Orangutan yang Tersesat Kembali ke Habitatnya

Aparat gabungan dari BBKSDA Papua Barat, dibantu petugas karantina pertanian, polisi dan TNI, serta petugas PT Pelni, langsung merangsek masuk ke dalam kapal penumpang PT Pelni yang hendak berangkat. Petugas dengan seksama menyisir tempat penumpang di kelas ekonomi.



Dari penyisiran yang dilakukan, petugas mendapati berbagai jenis satwa dilindungi yang hendak diselundupkan. Satwa-satwa tersebut ditempatkan dalam wadah yang tidak layak, dan rentan memicu kematian satwa.

Baca juga: Awas! Kasus Aktif Covid-19 di Jatim Mengalami Tren Kenaikan

Kapal penumpang yang diperiksa tersebut, baru saja sandar di Pelabuhan Laut Sorong, setelah berlayar dari Nabire, Papua Barat. Upaya penyelundupan satwa ilindungi ini, diduga melibatkan oknum aparat keamanan. Sayangnya, oknum aparat keamanan tersebut berhasil kabur.

Kepala BBKSDA Papua Barat, Jhon Santoso menyebutkan, dari hasil razia di dalam kapal penumpang tersebut, terdapat sejumlah satwa dilindungi yang disembunyikan di bawah tempat tidur. " Satwa dilindungi itu, diselundupkan dengan dikemas dalam tas pakaian," tuturnya.

BBKSDA Gagalkan Penyelundupan 22 Satwa Papua Barat yang Dilindungi, Ada Oknum Aparat Terlibat


Dari 24 satwa yang ditemukan hendak diselundupkan, 22 satwa diantaranya merupakan satwa dilindungi. Yakni terdiri dari Burung Kasuari sebanyak enam ekor, Burung Mambruk 10 ekor, dan Burung Kasturi enam ekor.

Baca juga: Tertangkap saat Asyik Bersetubuh di Hotel, Pasangan Mesum Digelandang ke Polres Merangin

Jhon menegaskan, satwa-satwa dilindungi yang hendak diselundupkan tersebut, akan dibawa ke karantina sebelum dilepaskan ke habitat aslinya. "Untuk pelaku penyelundupan satwa dilindungi ini, masih dalam pengejaran," tegasnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1926 seconds (10.101#12.26)