Mang Oded Minta Dinkes Segera Periksa Warga Sekitar Secapa AD

Rabu, 08 Juli 2020 - 16:49 WIB
loading...
Mang Oded Minta Dinkes Segera Periksa Warga Sekitar Secapa AD
Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung segera melakukan pemeriksaan terhadap warga yang tinggal di sekitar Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Seperti diketahui, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat mengungkapkan, lebih dari 200 siswa Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Jalan Hegarmanah, Kota Bandung positif COVID-19. Secapa AD merupakan klaster baru penularan COVID-19 di Jawa Barat. (BACA JUGA: Ratusan Siswa Secapa AD Positif COVID-19, Sekolah Militer di Jabar Disisir )

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Berli Hamdani menyatakan, meskipun belum memiliki data pasti terkait jumlah siswa yang terpapar di sekolah pendidikan kemiliteran tersebut, namun lebih dari 200 siswa diperkirakan terpapar COVID-19. (BACA JUGA: Terima Suap, Eks Bupati Indramayu Supendi Divonis 4,5 Tahun )

"Secara epidemologi di sana itu (Secapa AD) internal. Tapi saya meminta kepada Gugus Tugas Kota Bandung dari dinas kesehatanmelakukan rapid test terhadap masyarakat sekitarnya," kata Oded, Rabu (8/7/2020).

Dengan pemeriksaan massal warga sekitar Secapa AD, ujar Wali Kota yang akrab disapa Mang Oded ini, GTPP COVID-19 Kota Bandung dapat melacak kasus penularan COVID-19 di masyarakat.

"Pemeriksaan harus dilakukan agar bisa dipastikan masyarakat tidak ada yang kena (terpapar Corona). Kalau ada yang kena, bakal diketahui," ujar Mang Oded.

Wali Kota menilai klaster baru penyebaran COVID-19 di Secapa AD merupakan kasus internal. Sehingga hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap status zona Kota Bandung.

"Kalau saya lihat seperti di Sukabumi (Setukpa Polri), mudah-mudahan ini tidak termasuk (penambahan kasus Kota Bandung). Yang terpenting adalah pemeriksaan dulu mereka (masyarakat), biar kita tahu," tutur Wali Kota.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4415 seconds (0.1#10.140)