2 Pasien Corona Sembuh, Pemkab Gunungkidul Minta Warga Tetap Waspada

Selasa, 14 April 2020 - 09:02 WIB
loading...
2 Pasien Corona Sembuh, Pemkab Gunungkidul Minta Warga Tetap Waspada
Dua warga Gunungkidul yang sempat dinyatakan positif Covid - 19 dinyatakan sembuh. FOTO : DOK SINDOnews
A A A
GUNUNGKIDUL - Dua warga Gunungkidul yang sempat dinyatakan positif Covid - 19 dinyatakan sembuh. Kendati demikian, Pemkab meminta warga tetap waspada dan terus menjaga kesehatan sesuai protokol Corona atau Covid-19.

Ketua Gugus Tugas penanganan Covid - 19 Pemkab Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, untuk sementara tidak ada lagi warga Gunungkidul yang positif Corona.

Setelah warga Kecamatan Ponjong menjalani isolasi di rumah sakit dan dinyatakan sembuh, satu lagi warga Kecamatan Playen juga dinyatakan sembuh oleh tim medis. "Semua berdasarkan hasil swab dua kali dan sudah negatif semua," terangnya kepada SINDOnews, Selasa (14/4/2020).

Dijelaskannya untuk dua kasus di Gunungkidul memang berbeda dengan wilayah lain. Ini lantaran keduanya dinyatakan positif berdasarkan hasil uji laboratorium setelah keduanya membaik dan diperbolehkan pulang ke rumah usai dirawat di rumah sakit.

"Bahkan kasus kedua di Gunungkidul untuk warga Kecamatan Playen sempat dilakukan rapid test dan hasilnya negatif, akhirnya boleh pulang. Jadi keduanya dinyatakan positif sudah di rumah," imbuhnya.

Namun demikian, untuk protokol Covid - 19 harus tetap dilakukan. Keluarga yang melakukan kontak langsung harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Kemudian masyarakat harus tetap waspada.

"Harus sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah, bepergian menggunakan masker serta menjaga jarak dengan warga lain," imbuh Wakil Bupati Gunungkidul ini.( )

Immawan sangat yakin apabila hal- hal tersebut dilakukan, perlahan namun pasti mata rantai penyebaran Covid-19 bisa terputus. "Kemudian bagi warga Gunungkidul di perantauan, jangan mudik dulu ini semua demi kebaikan bersama," beber dia.

Sampai dengan pagi ini, jumlah Warga Gunungkidul yang dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 43 orang (enam masih dirawat di rumah sakit rujukan, 8 meninggal dunia). Yang sudah diambil swab 20 orang, 13 dianyatakan negatif, dua orang positif (semua sembuh), menunggu hasil swab 5 orang.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)