4 Kerajaan Nusantara Terluas, Nomor 2 dari Semenanjung Malaya hingga Papua

Rabu, 16 November 2022 - 16:11 WIB
loading...
4 Kerajaan Nusantara Terluas, Nomor 2 dari Semenanjung Malaya hingga Papua
Terdapat sejumlah kerajaan nusantara yang memiliki wilayah kekuasan terluas. Salah satunya kerajaan Majapahit. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kerajaan nusantara yang memiliki wilayah kekuasan terluas. Salah satunya memiliki kekuasan terluas yang hampir mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

Bukti dari kekuasaan kerajaan ini adalah ditemukannya beberapa prasasti di berbagai wilayah. Meskipun kini kerajaan nusantara tersebut telah runtuh, namun kejayaannya masih terus diingat dan dipelajari oleh generasi masa kini sebagai salah satu historis Indonesia.

Baca juga : Ratu Kalinyamat, Sosok di Balik Ketangguhan Angkatan Laut Kerajaan-kerajaan Nusantara

Berikut empat kerajaan nusantara dengan wilayah kekuasaan terluas :

1. Kerajaan Singasari

Kerajaan yang berdiri sejak tahun 1222 ini berpusat di daerah Singasari, Malang, Jawa Timur. Pada masa jayanya, kerajaan ini memiliki cakupan wilayah yang cukup luas hingga mencapai Sumatera.

Raja pertama dan yang paling populer dari Kerajaan Singasari adalah Ken Arok. Kerajaan ini juga menjadi cikal bakal terbentuknya Kerajaan Majapahit. Kerajaan Singasari mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Kertanegara.

2. Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit berdiri pada tahun 1293 oleh Raden Wijaya. Bisa dibilang kerajaan nusantara ini adalah yang punya wilayah kekuasaan terluas dengan cakupan wilayah mulai dari Sumatera, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura), hingga sebagian Filipina.

Puncak kejayaan Majapahit didapat ketika Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada menjadi penguasa. Kerajaan ini juga terkenal dengan Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapati Gajah Mada dan mencapai puncak kekuasaan pada pemerintahan Raja Hayam Wuruk.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2376 seconds (10.55#12.26)