Haul Pakubuwono XII Jadi Ajang Silaturahmi Keluarga Besar Keraton Kasunanan Surakarta

Sabtu, 12 November 2022 - 22:48 WIB
loading...
Haul Pakubuwono XII Jadi Ajang Silaturahmi Keluarga Besar Keraton Kasunanan Surakarta
Peringatan haul Pakubuwono XII, menjadi ajang silaturahmi keluarga besar Keraton Kasunanan Surakarta. Foto/MPI/Bramantyo
A A A
SOLO - Haul Pakubuwono XII ke 15, atau peringatan wilujengan Suraddalem di gelar Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta. Haul tersebut, digelar di Siti Hinggil Keraton Kasunanan Surakarta.

Baca juga: Lembaga Dewan Adat Keraton Solo Gelar Haul Pakubuwono XII Ke-15, Aneka Ubo Rampe Disajikan

Acara haul Pakubuwono XII tersebut, diikuti seluruh trah dinasti Mataram yang berasal dari Keturunan Pakubuwono XII. Selain diikuti trah Pakubuwono XII yang tergabung di LDA Keraton Kasunanan Surakarta, haul ke 15 Sri Susuhunan Pakubuwana XII juga dihadiri Paguyuban Keluarga Besar Keraton Surakarta, baik di daerah Soloraya, hingga Ponorogo, Tuban, Jepara, dan wilayah lainnya.



Putri Raja Pakubuwono XII Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari, atau biasa akrab di sapa Gusti Moeng mengatakan, jumlah yang hadir dalam haul Pakubuwono XII ini sebanyak 700 orang.

Baca juga: Garut Diguncang Gempa Bumi, Getarannya Terasa dari Ciamis hingga Cianjur

"Jumlah ini jauh lebih sedikit. karena memang kami membatasi yang datang. Mereka berasal dari Ponorogo, Tuban, Jepara, dan daerah lainnya," papar Gusti Moeng pada, di Keraton Kasunanan, Sabtu (11/11/2022).

Acara yang berjalan khidmat tersebut diisi dengan tahlil, dzikir, sahadat kures, dan sholawat. Selain mengirimkan doa kepada Sinuhun Pakubuwono XII. Peringatan wilujengan Suraddalem atau Haul Pakubuwono XII ini, ungkap Gusti Moeng, sekaligus menjadi silaturahmi para keturunan Pakubuwono XII. "Ini sekaligus sebagai ajang silahturahmi keluarga besar Sinuhun Pakubuwono XII, yang ikut dalam haul ini," ungkapnya.

Baca juga: Mencekam! Warga 2 Desa di Maluku Tenggara Bentrok, Rumah dan Sekolah Dibakar

Menurut Gusti Moeng, ada harapan yang dipanjatkan kali ini, yakni selain memanjatkan doa kepada Sinuhun Pakubuwono XII. Dalam haul kali ini, juga dipanjatkan doa agara seluruh keluar besar diberi keselatam ,serta menyatukan kembali keluarga Keraton Kasunanan Surakarta. "Pertama, mendapatkan keselamatan, kedua kita bisa bersilahturahmi, dan tidak ada salahnya kalau sisi lain kami berusaha menyatukan seluruh keluarga," ujarnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2281 seconds (10.55#12.26)