Geger Penemuan 26 Granat di Blitar, Polisi dan TNI Langsung Merapat

Sabtu, 12 November 2022 - 14:13 WIB
loading...
Geger Penemuan 26 Granat di Blitar, Polisi dan TNI Langsung Merapat
Penemuan puluhan granat di Dusun Kambingan, Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
BLITAR - Sebanyak 26 granat ditemukan di sebuah lahan kosong di Dusun Kambingan, Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Sebanyak 20 granat di antaranya masih utuh dan selebihnya sudah berupa serpihan.

Geger Penemuan 26 Granat di Blitar, Polisi dan TNI Langsung Merapat


“Sejumlah granat yang ditemukan berjenis fragmentasi dengan kondisi sudah berkarat. Dari 26 buah granat yang ditemukan, sebanyak 20 granat utuh dan enam granat dalam bentuk serpihan,” ujar Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono kepada wartawan Sabtu (12/11/2022).



Saat pertama kali ditemukan Jumat malam (11/11), puluhan granat dalam posisi terpendam di dalam tanah sekitar satu meter. Warga yang pertama kali menemukan adalah Suyadi, anak Alminah pemilik lahan kosong. Granat ditemukan Suyadi saat sedang menggali tanah.

Cangkul Suyadi membentur benda keras yang ternyata ketika dicermati adalah butiran granat.

“Sebelum melaporkan temuannya ke desa dan Polsek Nglegok, saksi mencoba memastikan di dalam lubang dan ternyata di dalamnya masih ada 6 buah granat lagi,” terang Argowiyono.

Sejumlah aparat kepolisian dan TNI langsung meluncur ke lokasi. Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono dan Dandim 0808 Letkol Inf Sapto Dwi Priyono bersama-sama tiba di lokasi penemuan.



Para petugas langsung mensterilkan lokasi dengan memasang police line. Puluhan butir granat tersebut langsung dievakuasi Tim Jihandak dari Brimob Polda Jatim.

Belum diketahui pasti granat tersebut peninggalan masa apa. Apakah tinggalan masa perang kemerdekaan atau masa yang lain. Rencananya, setelah dipastikan, seluruh granat itu akan dimusnahkan.

“Seluruhnya (granat) sudah diamankan Tim Jihandak Brimob Polda Jatim,” pungkas Argowiyono.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)