Ramses Ohee Sang Pejuang Pepera Layak menjadi Pahlawan Papua

Kamis, 10 November 2022 - 17:52 WIB
loading...
Ramses Ohee Sang Pejuang Pepera Layak menjadi Pahlawan Papua
Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring mengunjungi keluarga almarhum Ramses Ohee, tokoh Pejuang Pepera di Kampung Waena, Kota Jayapura, Kamis (10/11/22). Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Memperingati Hari Pahlawan , Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring mengunjungi keluarga almarhum Ramses Ohee. Silaturahmi dilakukan di kediaman mendiang Ramses Ohee di Kampung Waena, Kota Jayapura, Papua, Kamis (10/11/22).

Kunjungannya ini sekaligus melaksanakan ziarah ke makam Pejuang Pepera Ramses Ohee yang berada di halaman rumah besar Ondoafi Waena Ke-VII Richard Herman Morouw Ohe tersebut.



Danrem menuturkan bahwa tujuannya kali ini kembali berziarah ke makam almarhum Ramses Ohee sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya di masa lalu bagi Papua.

Brigjen TNI J.O. Sembiring yang akrab disapa Pak JO menyatakan, sosok Ramses Ohee layak masuk daftar Pahlawan Papua.

"Dari semua syarat kategori Pahlawan Nasional, almarhum merupakan pahlawan yang berjuang dari sisi politik dalam kejadian Pepera. Sosoknya telah membantu proses bagi rakyat Papua untuk mengikuti rangkaian proses demokrasi yaitu Pepera," katanya.

Selain itu, lewat perjuangan yang dipimpin Ondoafi Ramses Ohee, hingga lahirnya 14 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua dari jalur pengangkatan Otonomi Khusus (Otsus) yang berasal dari Orang Asli Papua (OAP).


“Apa yang kita dapatkan saat ini tidak lepas dari perjuangannya sehingga beliau layak diusulkan sebagai seorang Pahlawan dari Tanah Papua,” ujarnya.

Selama hidupnya, Ramses Ohee secara total membela Negara Kesatuan Republik Indonesia di Bumi Cenderawasih.

"Bahkan sebagai kecintaannya terhadap NKRI, almarhum mendirikan organisasi yang diberi nama Barisan Merah Putih (BMP) yang bermarkas di Kota Jayapura. Organisasi ini berperan aktif untuk memberikan dukungan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Papua,” sambung Danrem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3080 seconds (0.1#10.140)