Cegah COVID-19, Ratusan Warga Binaan Dinsos Penyandang Psikotik Jalani Rapid Test

Selasa, 07 Juli 2020 - 23:59 WIB
loading...
Cegah COVID-19, Ratusan Warga Binaan Dinsos Penyandang Psikotik Jalani Rapid Test
Rapid test warga binaan di Balai Pelayanan Sosial PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) Jalanan Kabupaten Sidoarjo. Foto/SINDOnews/Yoyok Agu
A A A
SIDOARJO - Sebanyak 150 warga binaan di Balai Pelayanan Sosial PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) Jalanan, Kabupaten Sidoarjo, mengikuti rapid test untuk mendeteksi COVID-19, Selasa (7/7/2020).

Rapid test dilakukan menyusul adanya salah satu aparatur sipil negara (ASN) di unit pelaksana teknis (UPT) Dinsos Jatim ini yang reaktif saat dilakukan rapid test.

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, maka seluruh warga binaan UPT Dinsos menjalani rapid test.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Alwi mengatakan, kegiatan ini dilakukan serentak di semua UPT Dinsos se-Jawa Timur.

Hal itu sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Timur dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan ASN, non-ASN maupun warga binaan dinsos.

"Terdapat 35 UPT Dinsos, dengan total warga binaan empat ribu sekian. Kebetulan di sini cuma 150-an warga binaan," kata Alwi.

Warga binaan Dinsos merupakan warga memerlukan layanan kesejahteraan sosial. Mereka ditempatkan di berbagai UPT mulai dari khusus psikotik, anak, lansia, hingga remaja.

Sementara untuk warga binaan di Balai Pelayanan Sosial PMKS Sidoarjo adalah khusus untuk psikoptik.

Psikotik adalah jenis gangguan mental yang ditandai diskoneksi dari kenyataan. Mereka ini banyak yang diambil di jalanan karena menjadi gelandangan.

Selain mengadakan rapid test, pihak Dinsos juga sudah lama menghentikan komunikasi antara pegawai maupun warga binaan dengan pihak luar. Pihak luar yang dimaksud adalah keluarga warga binaan. (Baca juga: Sadis! Siswi TK Dibunuh di Kubangan Sawah, Perhiasan Diambil)

"Jadi sejak awal kita hentikan, tidak menerima tamu dan kunjungan. Hal itu upaya kami untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Kita juga menerapkan protokol kesehatan di sini," katanya.

Dinsos Jatim juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh kantor UPT dengan melibatkan Tagana (Taruna Siaga Bencana).
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)