9 Anak Diduga Suspek Gangguan Ginjal Akut Atipikal Progresif di Sulsel

Selasa, 08 November 2022 - 07:22 WIB
loading...
9 Anak Diduga Suspek Gangguan Ginjal Akut Atipikal Progresif di Sulsel
Sembilan anak diduga mengalami gangguan ginjal akut atipikal progresif di Sulsel. Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Sembilan anak diduga mengalami gangguan ginjal akut atipikal progresif di Sulawesi Selatan (Sulsel). Dari sembilan kasus tersebut, belum ada satu pun yang ditetapkan sebagai gangguan ginjal akut atipikal progresif.



Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Ardadi mengatakan, dari sembilan kasus tersebut, tujuh anak dirawat di RSUP Wahidin Sudirohusodo, satu anak dirawat di RSUD Daya Makassar, dan satu anak dirawat di RS AL Jala Ammari Makassar.

Mengenai obat untuk penyakit ginjal akut atipikal progresif ini, Ardadi mengungkapkan, Kemenkes langsung mendistribusikannya ke rumah sakit.

Namun, tambah dia, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan penyalurannya. "Sampai saat ini belum ada laporan. Tugas kami hanya melobi, Kemenkes akan mengirimkan langsung ke rumah sakit," ujar Ardadi, Senin (7/11/2022).

Untuk langkah preventif, Ardadi mengimbau orang tua agar segera membawa anaknya ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala seperti demam selama 3-5 hari, batuk, pilek, sering ngantuk, diare, mual dan muntah akibat infeksi pada saluran pencernaan. Baca juga: Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Makin Terkendali, Kemenkes: Fomepizole dari AS Jadi Stok

"Termasuk jika warna urin berubah menjadi coklat, penurunan jumlah urin hingga tidak buang air kecil sama sekali. Pastikan anak mendapat cukup cairan jika terjadi gangguan buang air kecil lebih dari 12 jam," tuturnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)