Pulau Sebatik Menjadi Contoh Kampung Sadar Zakat Nasional

Senin, 07 November 2022 - 08:31 WIB
loading...
Pulau Sebatik Menjadi Contoh Kampung Sadar Zakat Nasional
Direktorat Jendetal (Dirjen) Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin menyebut Pulau Sebatik layak menjadi contoh Kampung Sadar Zakat Nasional. iNews TV/Usman
A A A
NUNUKAN - Direktorat Jendetal (Dirjen) Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin menyebut PulauSebatik layak menjadi contoh Kampung SadarZakatNasional.
Hal itu dia sampaikan seusai mendeklarasikan Pulau Nunukan dan PulauSebatik sebagai PulauSadarZakat di Gedung Aztrada 88, Sebatik Timur, Sabtu (05/11/22), malam lalu.

Menurut Kamaruddin, sebagai PulauSadarZakat, Pulau Nunukan dan Sebatik patut menjadi contoh oleh daerah lain di Indonesia.

"Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik layak jadi contoh Kampung Sadar Zakat Nasional. Saya berharap dapat memotivasi masyarakat agar sadar akan zakat," kata Kamaruddin kepada Minggu (06/11/2022), sore.

Lanjut Kamaruddin,"Semoga ini menginspirasi daerah lain agar dapat meniru keberhasilan di pulau sadar zakat ini. Oleh karena itu saya tulis 'Dari Sebatik Untuk Indonesia'," tambahnya.

Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini menyampaikan bahwa zakat merupakan sebuah instrumen yang sangat fundamental dalam mewujudkan pembangunan.
Sangat disayangkan bila agama tidak berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Indonesia ini merupakan bangsa yang sangat religius. Mari kita membangun komitmen bersama untuk menjadikan agama sebagai instrumen yang sangat sentral dan sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini," ucap Kamaruddin.

Kamaruddin mengaku bangga dan terharu terhadap aktivitas yang dilakukan oleh para penyuluh agama di PulauSebatik.

"Saya kira teman-teman di Sebatik ini sangat pantas menjadi model penyuluh agama di Indonesia. Oleh karena itu mari kita sebarluaskan semangat ini. Mari kita viralkan agar Sebatik menjadi contoh KampungSadarZakatNasional," ujarnya.

Baca: Dihadang Gerombolan Anak Punk, Sopir Truk Banting Stir hingga Tabrak Pohon dan Becak.

Pada akhir acara dilakukan penandatangan nota kesepahaman lalu deklarasi Pulau Sebatik dan Pulau Nunukan Sadar Zakat.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada para Mustahiq se-Pulau Sebatik dan Nunukan.

Deklarasi dua pulau yang terletak di perbatasan Indonesia-Malaysia itu, dilakukan dalam rangkaian Milad ke-3 Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur (Sakti).
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)