Polda Jabar Instruksikan Jajaran Polres Perketat Izin Penyelenggaraan Konser

Sabtu, 05 November 2022 - 14:46 WIB
loading...
Polda Jabar Instruksikan Jajaran Polres Perketat Izin Penyelenggaraan Konser
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo.Foto/Agung Bakti
A A A
BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menginstruksikan jajaran Polres di wilayah hukum Polda Jabar untuk memperketat perizinan penyelengaraan konser.

Intruksi tersebut dikeluarkan demi terjaganya kondusivitas sekaligus mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan. Diketahui, penyelengaraan konser belakangan memicu berbagai persoalan menyusul membludaknya jumlah penonton.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo menyatakan, Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana telah menginstruksikan setiap Polres untuk melakukan pertimbangan yang matang sebelum mengeluarkan izin keramaian atau kegiatan yang mengundang banyak massa, khususnya yang digelar hingga malam hari.

Baca juga: Pengendara Motor di Sukabumi Tewas Jadi Korban Tabrak Lari saat Mendahului Truk

"Nanti mereka (Polres) akan melakukan penilaian terkait dengan kondisi Kamtibmasnya, jadi tergantung masing-masing," ujar Kombes Pol Ibrahim, Sabtu (5/11/2022).

Meski begitu, Kombes Pol Ibrahim mengatakan bahwa intruksi Kapolda tersebut bersifat tidak mengikat. Artinya, kata dia, setiap Polres tetap dapat memberikan izin keramaian untuk konser atau kegiatan lainnya asalkan dengan pertimbangan yang matang.

"Intruksi Kapolda itu tidak bersifat mengikat, itu sebagai pertimbangan, setiap wilayah menyesuaikan," katanya.

Sementara itu, Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono dengan tegas melarang penyelenggaraan konser pada malam hari. Menurutnya, larangan tersebut sejalan dengan intruksi Kapolda Jabar. "(Larangan) sebagai antisipasi munculnya dampak yang tidak tidak diinginkan dari kerumunan orang di malam hari," katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, di Kota Bandung sendiri sejumlah konser musik tetap digelar. Bahkan, selama bulan ini saja, ada beberapa event konser musik yang siap digelar pada malam hari seperti konser musik Kickfest.

Konser musik Kickfest yang digelar di Lapangan Pusenif, Jalan Supratman Kota Bandung ini berlangsung selama tiga hari mulai Jumat 4 November kemarin hingga Minggu 6 November 2022 besok.

Event musik selanjutnya yang bakal digelar di Kota Bandung yakni Fosfen Festival pada 12-13 November 2022 dan Play on Fest pada 19 November 2022.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1577 seconds (10.55#12.26)