Ketua Perindo DIY Yuni Astuti Jadi Perempuan Pertama di Indonesia Jabat Komandan KOTI Mahatidana

Selasa, 01 November 2022 - 19:36 WIB
loading...
Ketua Perindo DIY Yuni Astuti Jadi Perempuan Pertama di Indonesia Jabat Komandan KOTI Mahatidana
Ketua Perindo DIY Yuni Astuti menjadi perempuan pertama di Indonesia menjabat Komandan KOTI Mahatidana. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JOGJAKARTA - Ketua DPW Perindo DIY Yuni Astuti dipercaya menjadi Komandan Komando Inti (Koti) Mahatidana Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP DIY.

Sosok Yuni Astuti ini menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai komandan dalam sejarah KOTI Mahatidana di Indonesia.

Yuni Astuti mengatakan, mendapat amanah dari Ketua MPW PP DIY Faried Jayen Soepardjan untuk menjabat sebagai Komandan KOTI Mahatidana.



Yuni bukan lah orang baru di MPW PP DIY, pada periode kepengurusan 2017-2022 perempuan asal Galur, Kulonprogo ini pernah menjabat sebagai Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila (BP3) MPW PP DIY.



"Sebelum menerima amanah dari Ketua MPW PP DIY sebagai Komandan KOTI Mahatidana wilayah DIY, saya sudah dapat restu juga dari Ketua Umum PP Pak Japto dan Komandan Nasional KOTI Mahatidana Roberth Rouw," kata Yuni Astuti, Selasa (1/11/2022).

"Kebetulan sepanjang sejarah KOTI Mahatidana ini belum pernah ada perempuan yang menjadi Komandan. Jadi saya perempuan pertama di Indonesia yang jadi Komandan KOTI Mahatidana," sambung Yuni.


Ketua DPW Perindo DIY ini menjelaskan, saat ini dia sedang dalam tahap melengkapi kepengurusan KOTI Mahatidana. Dia menceritakan, antusiasme anggota PP untuk masuk ke KOTI Mahatidana sangat tinggi namun ada sejumlah kualifikasi yang harus dipenuhi untuk bergabung di kepengurusan.

“KOTI Mahatidana ini sewajarnya harus diisi oleh orang-orang pilihan. Saat ini saya sedang melakukan seleksi untuk membentuk kepengurusan,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam struktur kepengurusan ada beberapa yaitu Komandan, Wakil Komandan, Komandan dan Wakil Detasemen Markas, Asisten Bidang Operasi, Asisten Bidang Personalia dan Perencanaan, Asisten Bidang Pelatihan dan Pengembangan Potensi, Asisten Bidang Informasi dan Humas serta Unit Satgas.



Yuni Astuti membeberkan dalam setiap tugasnya, KOTI Mahatidana adalah instrumen pelaksana program MPW PP sehingga harus tunduk dan taat pada Ketua MPW PP.

"Kadang di organisasi ini sering salah kaprah dalam memahami garis komando organisasi. KOTI Mahatidana ini kalau di daerah adalah salah satu badan di dalam struktur MPW PP. Perlu diingat jika dalam struktur KOTI Mahatidana memang ada komandan namun juga ada Ketua yang merupakan Ketua MPW PP," tegasnya.

"Ke depan saya akan benahi dan solidkan kembali KOTI Mahatidana di DIY karena potensi kader-kader dan pengurusnya ini sangat besar untuk berkiprah dan membantu masyarakat," tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)