Rumah Terendam Banjir Sungai Citanduy, Warga Pangandaran Enggan Mengungsi

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 21:54 WIB
loading...
Rumah Terendam Banjir Sungai Citanduy, Warga Pangandaran Enggan Mengungsi
Ratusan hektare sawah dan permukiman warga di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, masih terendam banjir luapan Sungai Citanduy. Foto/iNews TV/Irfan Ramdiansyah
A A A
PANGANDARAN - Luapan banjir Sungai Citanduy yang dipicu oleh kondisi hujan lebat di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, masih menggenangi permukiman warga dan sawah. Namun, warga korban banjir masih enggan untuk mengungsi.



Banjir tersebut, salah satunya menerjang permukiman warga di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang. Selain rumah-rumah warga, luapan banjir Sungai Citanduy juga menenggelamkan ratusan hektare sawah.



Ketinggian luapan banjir Sungai Citanduy bervariatif. Bahkan, ada wilayah yang terendam banjir setinggi satu meter. Salah satu warga, Iis Haryani mengaku, banjir Sungai Citanduy menerjang rumah-rumah warga sejak Rabu (26/10/2022) dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.



"Kami semua sempat kaget tiba-tiba banjir datang, sehingga langsung menyelamatkan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi. Kami masih belum mengungsi, karena barang-barang tidak ada yang menjaga," tuturnya.

Kepala Desa Ciganjeng, Imang Wardiman mengatakan, banjir yang merendam permukiman warga akibat luapan Sungai Citanduy. "Selain akibat hujan lebat, banjir ini juga merupakan kiriman dari wilayah Tasik, Ciamis, dan Banjar," tuturnya.

Rumah Terendam Banjir Sungai Citanduy, Warga Pangandaran Enggan Mengungsi


Lebih lanjut dia mengatakan kondisi banjir semakin parah, akibat jebolnya tanggul penahan air di wilayah perbatasan. Areal persawahan yang terendam banjir mencapai 400 hektare, dan warga terdampak banjir ada 150 kepala keluarga.



"Air banjir masih belum surut, ketinggiannya mencapai 80-90 cm. Kami berharap segera ada bantuan berupa obat-obatan serta bahan makanan karena akibat banjir ini warga tidak dapat beraktivitas," pungkas Imang.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)