Blanko Terbatas, Disdukcapil Kota Palembang Stop Pencetakan Ulang e-KTP

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 08:09 WIB
loading...
Blanko Terbatas, Disdukcapil Kota Palembang Stop Pencetakan Ulang e-KTP
Sejak awal Oktober 2022, masyarakat Kota Palembang tidak bisa lagi mengubah data pada e-KTP. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Palembang tidak lagi mencetak e-KTP karena blanko terbatas. Foto SINDOnews
A A A
PALEMBANG - Sejak awal Oktober 2022, masyarakat Kota Palembang tidak bisa lagi mengubah data pada e-KTP . Hal ini lantaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Palembang tidak lagi mencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP.

"Untuk warga Palembang yang datanya berubah atau blanko e-KTP hilang, kami sudah tidak bisa melakukan pencetakan lagi," ujar Kepala Disdukcapil Palembang, Dewi Isnaini, Kamis (27/10/2022).



Dijelaskannya, bagi masyarakat yang ingin mengubah data maupun mengurus kehilangan e-KTP, bakal dirujuk Disdukcapil Palembang melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang diunduh dari ponsel pintar.

"Sesuai implementasi Permendagri Nomor 72 tahun 2022 mengenai Pembuatan KTP Digital. Jadi kalau cetak ulang karena hilang, perubahan data, pendidikan, status perkawinan, status pendidikan, dan lain-lain, pelayanan lewat aplikasi," jelasnya.

Menurutnya, dalam aplikasi Identitas Kependudukan Digital terdapat berbagai fitur layanan kependudukan mulai dari data keluarga, KTP, KK, serta fasilitas pindai. Termasuk tanda tangan elektronik, pelayanan kependudukan, dan pengubahan PIN.

Sehingga, bagi masyarakat yang ingin mengganti data, Disdukcapil Palembang memberikan opsi dengan Surat Keterangan Kependudukan pengganti.

"Ini dilakukan untuk membantu Pemkot menghemat pencetakan identitas diri menggunakan blanko karena jumlahnya terbatas," jelasnya. Baca Juga: Dirut Pindad Abraham Mose Jadi Saksi di Sidang Kasus Dugaan Korupsi e-KTP

Meski Disdukcapil Palembang tidak menerima pencetakan ulang e-KTP, namun bagi warga yang belum memiliki e-KTP atau belum melakukan perekaman, bisa mendapatkan blanko KTP elektronik.

"Yang baru pertama kali perekaman berhak menerima e-KTP. Selain dari ini tidak bisa mendapatkannya dan dirujuk pakai KTP digital," jelasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6002 seconds (0.1#10.140)