KA Sulsel Diresmikan 29 Oktober, Presiden Jokowi Belum Dipastikan Hadir

Selasa, 25 Oktober 2022 - 23:56 WIB
loading...
KA Sulsel Diresmikan 29 Oktober, Presiden Jokowi Belum Dipastikan Hadir
Stasiun kereta Tanete Rilau, Barru, Sulawesi Selatan, kini sudah rampung untuk menyambut uji coba pengoperasian kereta api Makassar - Parepare untuk rute Barru menuju Maros. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Pengoperasian kereta api Makassar-Parepare untuk rute Barru menuju Maros direncakan digelar, Sabtu, (29/10/2022). Namun sayangnya, Presiden Joko Widodo yang seyogyanya dijadwalkan meresmikan uji coba itu belum dipastikan hadir.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Arafah mengungkapkan, sampai saat ini, pihaknya belum mendapat informasi resmi terkait kehadiran Presiden Jokowi.

Akan tetapi, beberapa pejabat Pemprov Sulsel serta pejabat kabupaten serta Forkopimda dipastikan akan hadir.

Baca juga: Siap Beroperasi, Harga Tiket Kereta Api Maros-Barru Rp 10 Ribu

"Belum (ada informasi). Mungkin yang mendampingi Pak Gubernur itu Dirjen Kereta Api. Ini juga merupakan program strategis nasional yang disupport oleh Pemprov dengan Pemda yang dilewati jalur kereta apinya,” ungkap Arafah usai menghadiri rapat koordinasi percepatan pembangunan kereta api, di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (25/10/2022).

Arafah menjelaskan, rencana soft launching atau uji coba nanti akan dilakukan secara terbatas. Tahap awal, uji coba dilakukan pada rute Barru menuju Pangkep.



"Penjelasan oleh Kepala Balai saat ini progres fisik tidak ada kendala. Rencana tanggal 29 Oktober pengoperasian terbatas. Itu dari Garongkong (Kabupaten Barru) ke Mangilu di Pangkep. Itu jaraknya kurang lebih 50 kilometer,” ungkapnya.

Menurutnya, awal November akan ditambah dari Garongkong ke Maros yang jaraknya mencapai 70 kilometer. “Untuk tahap awal itu uji coba sekali seminggu. Jadi nanti kalau ada yang berminat, nanti didaftar, dicatat, lalu difasilitasi oleh teman-teman Balai. Itu gratis,” ujarnya.

Baca juga: Kepala Rupbasan Makassar Dinonaktifkan Terkait Dugaan Jual Barang Sitaan Negara
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3598 seconds (11.210#12.26)