KSAD Pimpin Penutupan Pendidikan dan Wisuda 254 Taruna Akmil

Senin, 06 Juli 2020 - 19:29 WIB
loading...
KSAD  Pimpin Penutupan Pendidikan dan Wisuda 254 Taruna Akmil
KSAD memimpin tudpik dan wisuda taruna taruni Akmil di lapangan Pancasila Akmil Magelang, Senin (6/7/2020). Foto Dok Penhumas Akmil.
A A A
MAGELANG - Akademi Militer (Akmil) menggelar upacara penutupan pendidikan (tupdik) dan wisuda sarjana taruna-taruni tingkat IV di lapangan Pancasila Akmil, Magelang, Senin (6/7/ 2020).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andhika Perkasa memimpin acara tersebut. Tahun 2020 ini, Akmil meluluskan 254 taruna tingkat IV (234 Taruna dan 20 Taruni) bergelar Sarjana Terapan Pertahanan (S.T.Han).

Selanjutnya, para taruna-taruni itu, akan dilantik dan disumpah menjadi Perwira Remaja (Pama) TNI bersama lulusan Akmil, AAL, dan Akpol oleh Presiden RI Joko Widodo dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, 14 Juli 2020 mendatang.

(Baca juga: Guru Besar UNS Paparkan Informasi Jamu dalam Manuskrip Jawa Kuno )

Namun di masa pandemi COVID-19 hanya akan diwakili oleh dua orangbperwakilan penerima Adhi Makayasa masing-masing angkatan dannperwakilan penyumpahan dari Taruna Akmil, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol).

Peraih Adhi Makayasa Akmil 2020, Sermatutar Angga Andhika Yudha prodi Manajemen Pertahanan, Korp Infantri dan Sermatutar Heny Puspitasari prodi Administrasi Pertahanan dengan Corp Perbekalan dan Angkutan.

KSAD Andika Perkasa dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada para taruna dan taruni Akmil yang telah menyelesaikan pendidikan.Setelah mereka dilantik menjadi perwira, sebelum melaksanakan tugas di jajaran TNI AD di seluruh Indonesia, terlebih dahulu akan mengikutipenataran intelijen dan pelatihan.

“Setelah itu Taruna/Taruni menduduki jabatan Danton dan setingkatnya, baik di satuan Tempur, satuan Banpur maupun satuan Banmin di jajaran TNI AD di seluruh penjuru tanah air Republik Indonesia,” kata Andika usai Tupdik.

(Baca juga: Nakes Sleman Terpapar COVID-19 dari Tempat Kerjanya )

Usai Tupdik dan wisuda di lapangan Pancasila Akmil, dilanjutkan penyerahan ijazah.kepada taruna dan taruni di Gedung Sumartal, Akmil. Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman memimpin acara tersebut.

Mayjen TNI Dudung Abdurachman kepada para taruna dan taruni memintaagar dapat mengembangkan potensi dan kapasitas diri yang telah diperoleh selama mengikuti proses pendidikan di Akmil serta
mengaplikasikan di medan pengabdian yang sesungguhnya, yaitu satuan dimana mereka bertugas.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)