50 UMKM Pamerkan Produk Unggulan di Festival Pasar Senyum Rakyat Medan

Senin, 24 Oktober 2022 - 17:57 WIB
loading...
50 UMKM Pamerkan Produk Unggulan di Festival Pasar Senyum Rakyat Medan
Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkolaborasi menggelar Festival Pasar Senyum Rakyat di Istana Maimoon, Kota Medan, Sumatera Utara, akhir pekan lalu. (Ist)
A A A
MEDAN - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkolaborasi menggelar Festival Pasar Senyum Rakyat di Istana Maimoon, Kota Medan, Sumatera Utara, akhir pekan lalu. Kegiatan ini menjadi tempat unjuk gigi pelaku usaha dan sosialisasi produk pembiayaan bagi pelaku usaha, agar mereka dapat tumbuh dan naik kelas.

Acara yang digelar oleh 3 entitas Holding Ultra Mikro (UMi), yaitu BRI, Pegadaian, dan Permodalan Nasional Madani (PNM) ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman. Sebanyak 50 tenant ikut memeriahkan festival ini, terdiri dari 15 UMKM nasabah BRI, 15 UMKM nasabah Pegadaian, 15 UMKM binaan PNM, dan 5 UMKM binaan Dinas Koperasi Medan. Masing-masing menawarkan produk unggulan mereka dari mulai kuliner, fashion, hingga kerajinan tangan.

Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah mengatakan, Festival Pasar Senyum Rakyat merupakan rangkaian pagelaran unjuk gigi bagi para pelaku usaha. Selain itu juga sebagai ajang sosialisasi produk pembiayaan bagi pelaku usaha, agar mereka dapat tumbuh dan naik kelas.

"Alhamdulillah rangkaian Festival Pasar Senyum Rakyat dari mulai Cirebon, Denpasar hingga Kota Medan terlaksana dengan baik. Kami berharap, Holding Ultra Mikro dapat membangkitkan semangat UMKM untuk lebih berdaya saing melalui pendampingan dan pembiayaan usaha melalui produk-produk yang ditawarkan," katanya dikutip dari keterangan tertulis, Senin (24/10/2022).

Tak hanya menikmati pameran produk UMKM, para pengunjung juga dapat mengikuti talkshow interaktif tentang solusi finansial bersama narasumber pengusaha UMKM sukses di Medan. Kemudian talkshow tentang legalitas, perizinan, sertifikasi, permodalan hingga pemasaran produk, hingga literasi tentang bagaimana mengembangkan bisnis secara digital atau daring melalui aplikasi.

"Saya berharap even ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang hadir untuk menambah ilmu tentang kewirausahaan, mengelola, dan mengembangkan usaha dari nol hingga menjadi sukses," pungkasnya.

Festival Pasar Senyum Rakyat menghadirkan panggung hiburan, zona bermain anak, lomba mewarnai, lomba fashion show, dan cosplay competition. Tak hanya itu, masyarakat yang datang juga berkesempatan mendapat voucher belanja dan doorprize menarik.

Baca: Wisatawan Asal Siantar Tenggelam di Danau Toba, Tim SAR Lakukan Pencarian.

Untuk diketahui, Sentra Layanan Ultra Mikro (SenyuM) merupakan ikhtiar bersama menciptakan ekosistem yang mendukung para pelaku usaha mikro di Indonesia untuk berkembang, berkelanjutan, dan memiliki daya saing. Selain melalui produk pembiayaan gadai dan nongadai, Pegadaian juga menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbasis syariah di 4.086 outlet di seluruh Indonesia. Adapun plafon pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta dengan biaya pengelolaan (mu'nah) sebesar 6% per tahun.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)