Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Tarakan, Pemicu Awal Minum Obat Sirup Puskesmas

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 21:44 WIB
loading...
Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Tarakan, Pemicu Awal Minum Obat Sirup Puskesmas
Ilustrasi obat sirup. Foto: Istimewa
A A A
TARAKAN - Seorang balita perempuan berusia 2 tahun menderita penyakit Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) di RSUD Dr H Jusuf SK Tarakan, Kalimantan Utara. Korban menderita gejala muntah terus-terusan.

Dokter Spesialis Anak RSUD H Jusuf SK Tarakan, Franky Sientoro mengatakan, dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa pasien balita 2 tahun itu mengkonsumsi obat sirup dengan tuga jenis merk yang berbeda.

"Dari hasil diagnosa, kecurigaan awal dihidrasi. Tetapi setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan lengkap, ternyata ada peningkatan serum kreatinin yang sudah ditahan akut," katanya, Jumat (21/10/2022).



Dijelaskan dia, pada kondisi normal angka serum creatinine di bawah satu. Namun, balita ini sudah diangka 11.

"Tindakan yang akan dilakukan adalah dengan melakukan cuci darah. Namun, karena keterbatasan alat, rencananya pasien akan dirujuk ke RS Wahidin Makassar," sambungnya.

Sementara itu, Evayanti tante pasien mengatakan, awalnya korban dibawa ke puskesmas karena muntah-muntah. Tetapi semenjak mengkonsumsi obat sirup dari puskesmas, muntah-muntahnya semakin parah.



"Setelah minum obat sirup dari puskesmas, muntahnya tidak berhenti-henti. Namun, tidak pernah membuang air kecil. Setelah tiga hari, baru dibawa ke rumah sakit dan divonis mengalami GGAPA," paparnya.

Sementara itu, mengikuti instruksi Menteri Kesehatan, sejumlah apotek di Tarakan mulai menghentikan penjualan obat-obatan jenis sirup untuk anak.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2953 seconds (0.1#10.140)