Petronela Risamasu: Cegah Covid-19, Pastikan Kondisi Tubuh Selalu Sehat

Senin, 27 April 2020 - 18:17 WIB
loading...
Petronela Risamasu: Cegah Covid-19, Pastikan Kondisi Tubuh Selalu Sehat
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, Petronela Risamasu
A A A
SENTANI - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari, Petronela Risamasu mengatakan setiap masyarakat harus mengupayakan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19. Salah satu upaya pencegahan itu adalah setiap warga harus memastikan dirinya dalam kondisi sehat atau tidak sakit.

"Cegah Covid dengan cara pakai masker supaya tidak sakit," kata Petronlea Risamasu di Kantor Kampung Doyo baru, Senin (27/4/2020).

Sesuai anjuran pemerintah melalui protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, masyarakat di seluruh Kabupaten Jayapura diminta untuk selalu mematuhi anjuran pemerintah termasuk menggunakan masker saat berpapasan dengan orang lain ataupun berada di luar rumah saat beraktivitas.

Selain itu Petronela Risamasu juga berharap agar masyarakat selalu berada di rumah selama adanya larangan atau pembatasan waktu kegiatan yang sejauh ini masih diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura. "Pakai masker kain, itu juga bagus untuk mencegah infeksi tertularnya Covid-19. Tutup hidung mulut dan juga sebaiknya bisa menggunakan kacamata," katanya.

Untuk itu dia meminta seluruh warga untuk bekerja sama untuk memerangi pandemi Covid- 19 ini agar penyebarannya bisa dibatasi bahkan di hilangkan dari kabupaten Jayapura. Tentu hal itu menurutnya tidak saja menjadi tanggung jawab dari petugas kesehatan, TNI Polri dan juga pemerintah tetapi perlu ada dukungan dari masyarakat.

Masyarakat diharapkan untuk tidak menyembunyikan warga lain yang ketahuan sedang mengalami sakit atau sebelumnya melakukan kontak dengan pasien yang sudah terpapar Covid-19. "Tidak boleh ada stigma, virus ini bisa sembuh buktinya di rumah sakit Yowari ada 9 orang yang sudah dinyatakan sembuh," ungkapnya.

Dia juga meminta warga agar selalu memberikan dukungan atau support kepada warga yang sudah terpapar Covid-19. Dukungan atau support dari masyarakat lain ini sangat membantu khususnya dalam mempercepat proses pemulihan yang bersangkutan. "Jadi ikuti protokol kesehatan yang sudah dianjurkan. Kalau keluar pakai masker dan selalu cuci tangan seperti yang sudah disampaikan oleh pemerintah selama ini," tambahnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)