Wali Kota dan Kades se-Kota Batu Dapat Penghargaan dari Gus Halim

Senin, 17 Oktober 2022 - 19:11 WIB
loading...
Wali Kota dan Kades se-Kota Batu Dapat Penghargaan dari Gus Halim
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada Kepala Desa se-Kota Batu Jawa Timur, yang telah berhasil beralih status menjadi Desa Mandiri. (Ist)
A A A
BATU - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar memberikan penghargaan kepada Kepala Desa se-Kota Batu Jawa Timur, yang telah berhasil beralih status menjadi Desa Mandiri.

Penghargaan Lencana Bakti Desa Utama juga diberikan kepada Walikota Batu, Dewanti Rumpoko atas prestasinya berhasil membuat seluruh desa yang berjumlah 19 desa di wilayah itu, berstatus Desa Mandiri hasil pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) Kemendes PDTT.

“Jadi pada level Walikota beliau adalah satu-satunya seluruh Indonesia yang desanya sudah mandiri semua,” jelas Menteri yang biasa disapa Gus Halim itu saat Upacara HUT Kota Batu ke-21, Senin (17/10/2022).

Selain mendapat piagam penghargaan, 19 desa yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Batu itu juga diberikan Lencana yang disematkan pada baju dinas Kepala Desa sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya membangun desa.

“ Ini supaya memicu kepada desa-desa lain sekaligus memberikan informasi kepada warga bahwa desanya sudah mandiri, karena Lencana dipakai untuk atributisasi kepala desa yang berhasil dan dipakai setiap hari,” imbuh Gus Halim

Sekedar informasi, ada beberapa kategori Lencana yang diberikan Kemendes PDTT kepada pemerintah daerah sesuai kategori desa. Antara lain Lencana Bakti Desa Pertama diberikan kepada kepala daerah yang tidak ada desa berstatus sangat tertinggal dan tertinggal.

Selanjutnya Lencana Bakti Desa Madya diberikan kepada kepala daerah yang seluruh desanya berstatus Maju dan Mandiri. Kemudian, Lencana Bakti Desa Utama diberikan kepada kepala daerah yang seluruh desanya berarti Mandiri.

Selain menjadi satu-satunya Kota yang seluruh desanya telah berstatus mandiri, di Kota Batu juga terdapat tiga desa yang masuk 10 besar rangking tertinggi berdasar hasil penilaian IDM Kemendes PDTT.

Adapun tiga desa yang dimaksud yaitu Desa Sidomulyo dan Oro-oro Ombo di Kecamatan Batu, serta Desa Punten di Kecamatan Bumiaji.

Bertepatan dengan perayaan HUT Kota Batu ke-21 seluruh desa di kota tersebut mendapat penghargaan dari Gus Halim.

Baca: DPW Partai Perindo Jawa Timur Penuhi Syarat Verifikasi Faktual.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko sangat berterima kasih atas apresiasi dan penghargaan yg diberikan Mendes PDTT. Penghargaan ini, lanjutnya akan melecut semangat untuk lebih giat lagi dalam membangun desa.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Menteri, tentunya capaian ini melengkapi capaian prestasi yang telah diraih oleh Kota Wisata Batu,” kata Dewanti Rumpoko dalam kesempatan yang sama.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)