Kelola Sampah Organik, Warga Lau Pengulu Pelatihan Budidaya Maggot

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:56 WIB
loading...
Kelola Sampah Organik, Warga Lau Pengulu Pelatihan Budidaya Maggot
OMG Sumut menyelenggarakan kegiatan Pengenalan dan Pelatihan Budidaya Maggot di Desa Lau Pengulu, Kecamatan Marding-Ding, Kabupaten Karo, Minggu, (16/10/2022). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KARO - Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Orang Muda Ganjar (OMG) Sumut bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Lau Pengulu menyelenggarakan kegiatan Pengenalan dan Pelatihan Budidaya Maggot (Larva Black Soldier Fly). Acara digelar di Desa Lau Pengulu, Kecamatan Marding-Ding, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu, (16/10/2022).

Tujuan kegiatan agar para pemuda bisa mengontrol lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah organik (sampah rumah tangga), untuk budidaya maggot dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi. Maggot dengan kandungan nutrisi tinggi biasanya dimanfaatkan untuk pakan ternak, baik unggas maupun ikan.

“Kegiatan pelatihan ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengatasi masalah pakan ternak. Maggot menjadi solusinya karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yang sangat dibutuhkan hewan ternak, seperti ayam, bebek dan ikan-ikan,” kata Korwil OMG Sumut, Yosua Kristopel.

Menurut Yosua, jika budidaya maggot terus dikembangkan semua warga Desa Lau Pengulu, maka hal itu bisa berkontribusi mengurangi sampah organik. Maggot juga menjadi solusi dalam mengatasi biaya pakan ternak yang cukup tinggi.

“Di Desa Lau Pengulu, mayoritas masyarakat yang mengandalkan ternak dalam menopang perekonomiannya. Untuk itu, OMG Sumut berupaya hadir untuk memberikan solusi bagi masyarakat untuk mengatasi biaya pakan ternak yang cukup tinggi,” tambahnya.

Yosua mengajak keterlibatan aktif anak muda atau sekelompok karang taruna untuk membangun daerahnya.
“Kami mengajak anak muda atau kelompok karang taruna di Desa Lau untuk melakukan hubungan kerja sama ke depannya dalam membangun tempat pembudidayaan maggot tentunya,” jelasnya.

Yosua berharap, kegiatan ini mampu mengkonsolidasikan program Jogo Ternak yang digagas Ganjar Pranowo. Dia merasa hal tersebut berkaitan erat dengan langkah yang dilakukannya saat ini.

“Semoga ini jadi langkah tepat dalam memuluskan sosialisasi Pak Ganjar kepada warga masyarakat di sini, terlebih kegiatan ini beririsan dengan programnya Pak Ganjar. Otomatis warga di sini setidaknya ikut merasakan program Pak Ganjar melalui kontribusi relawan OMG,” tuturnya.

Ketua Karang Taruna Desa Lau Pengulu, Sanjaya Siregar memberikan respons positif atas kolaborasi yang dilakukan oleh OMG Sumut tersebut. Dia mendukung penuh kegiatan positif yang dilakukan OMG Sumut dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Warga desa menuai respons positif. Melalui karang taruna, kami mendukung penuh langkah OMG dalam memberikan edukasi masyarakat. Kedepannya, kami berharap OMG terus melakukan hal serupa agar semua masyarakat terbantu dalam hal kesejahteraanya,” terangnya.

Selain itu, Sanjaya pun mendukung penuh gerakan OMG dalam mengkonsolidasikan Ganjar Pranowo untuk Presiden 2024. Sanjaya merasa Ganjar merupakan figur pemimpin yang tepat bagi bangsa Indonesia.

“Saya dan warga Desa Lau Pengulu sebetulnya sudah banyak mengikuti kiprah beliau. Pak Ganjar sebagai sosok yang datang dari rakyat kecil dan peduli terhadap masyarakat di kawasan pedesaan jadi alternatif pemimpin Indonesia. Dengan adanya OMG ini, saya harap bisa memuluskan langkah Pak Ganjar untuk jadi Presiden 2024,” katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)