Stand Diskoperindag Hulu Sungai Utara Semarakkan MTQ Nasional Kalsel Expo 2022

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:49 WIB
loading...
Stand Diskoperindag Hulu Sungai Utara Semarakkan MTQ Nasional Kalsel Expo 2022
Tergabung dalam 190 stand UMKM pameran yang menyemarkkan perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX 2022
A A A
BANJAR - Gula batu itik khas Amuntai, menjadi salah satu kuliner yang diburu para pengunjung pameran 'MTQ Nasional Kalsel Expo 2022' yang digelar di Lapangan Bumi Cahaya Selamat (CBS), Martapura, Kabupaten Banjar dari 12-16 Oktober 2022.

Tergabung dalam 190 stand UMKM pameran yang menyemarkkan perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX 2022 Kalimantan Selatan, stand Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara menghadirkan beberapa produk unggulan, mulai aneka anyaman purun, ilung (eceng gondok) sasirangan pewarna alami hingga kulinernya apam hambuku dan gula batu itik.

Elya, staf Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Hulu Sungai Utara menuturkan, dalam pameran kali ini pihaknya menghadirkan beberapa produk unggulan Kabupaten Hulu Sungai Utara mulai dari produk anyaman hingga produk olahan.

Ia mengakui, selama dibukanya pameran pada Rabu (12/10/2022) lalu, beberapa produk asal HSU menjadi incaran para pengunjung, salah satunya gula batu itik.
Stand Diskoperindag Hulu Sungai Utara Semarakkan MTQ Nasional Kalsel Expo 2022

Bahkan, menurutnya untuk gula batu itik dan apam hambuku langsung ludes diserbu pengunjung dihari pertama pembukaan pameran. "Produk unggulan kita seperti, telor asin, kerupuk haruan, gula batu itu yang banyak dicari pengunjung," ujarnya, Sabtu (15/10/2022).

Elya menambahkan, adapun produk-produk yang dibawa merupakan hasil dari UMKM di bawah binaan Diskoperindag, Dekranasda, Dinas Ketahan Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Utara, dengan omset dari hasil penjualan berbagai produk selama dua hari mencapai Rp17juta.

Sementara, Siti Nor Aisyah salah satu pengunjung asal Banjarbaru mengaku tertarik akan produk-produk dari Kabupaten HSU. Tak hanya kuliner, produk anyaman asal Hulu Sungai Utara pun sebagian memiliki ciri khas tersendiri. "Saya suka ini karena unik" katanya.

Diketahui, pameran 'MTQ Nasional Kalsel Expo 2022' ini sendiri dibuka secara langsung oleh Eny Retno Yaqut, istri Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari terhitung sejak hari Rabu 12 Oktober hingga 16 Oktober 2022.
(ars)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1775 seconds (10.177#12.26)