Penyelenggara PTSP dan PPB Terbaik, Pemprov Sumsel Dianugerahi Layanan Investasi 2022

Minggu, 16 Oktober 2022 - 21:19 WIB
loading...
Penyelenggara PTSP dan PPB Terbaik, Pemprov Sumsel Dianugerahi Layanan Investasi 2022
Pemprov Sumsel raih penghargaan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2022 atas kinerjanya dalam memberikan pelayanan terbaik sebagai penyelenggara PTSP dan PPB.
A A A
PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) untuk kesekian kembali menerima penghargaan yang cukup bergengsi dari Pemerintah Pusat. Kali ini penghargaan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2022 diterima Pemprov Sumsel atas kinerjanya dalam memberikan pelayanan terbaik sebagai penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB).

Diketahui, Sumsel sendiri tercatat sebagai provinsi terbaik ke 3 dari seluruh provinsi di Indonesia dalam penyelenggaraan PTSP dan PPB. Dengan capaian tersebut, Sumsel merupakan provinsi pertama di luar Jawa khususnya di wilayah 1 Sumatera yang dinobatkan sebagai provinsi terbaik dalam pelayanan PTSP dan PPB tersebut.

Gubernur Sumsel H Herman Deru melalui Plt Kepala DPMPTSP Sumsel Lusapta Yudha Kurnia mengatakan, diraihnya penghargaan tersebut tak lain karena didorong oleh upaya yang dilakukan DPMPTSP dan berbagai pihak lainnya dalam menyajikan layanan yang prima terkait perizinan usaha kepada masyarakat.

“Pelayanan perizinan yang dilakukan berdasarkan NSPK yang diterbitkan oleh kementerian dan lembaga masing-masing beserta turunanya, sesuai PP 5 tahun 2021. Untuk menerbitkan perizinan itu, DPMPTSP telah mendapat wewenang dari Gubernur yang dituangkan dalam Pergub nomor 24 tahun 2021,” kata Yudha.
Penyelenggara PTSP dan PPB Terbaik, Pemprov Sumsel Dianugerahi Layanan Investasi 2022

Yudha menyebut, perbaikan di berbagai aspek memang terus menerus dilakukan baik yang menyangkut kelembagaan, inovasi, SDM, sarana dan prasarana hingga PPB. Hal itu, guna menumbuhkan pelayanan yang maksimal.

“Dalam penyelenggaraan pelayanan PTSP dan PPB tersebut, kita melakukan pengawasan langsung terhadap kepatuhan pelaku usaha, serta menggandeng mereka dengan memberikan kemudahan dalam perizinan berusaha. Kita juga melakukan jemput bola dalam memberikan pelayanan tersebut. Alhamdulillah dengan upaya tersebut kita bisa meraih penghargaan tersebut,” tuturnya.

Menurut Yudha, penghargaan tersebut merupakan bentuk motivasi dan semangat bagi jajarannya. Di mana hal itu dapat menjadi acuan pihaknya dalam meningkatkan kinerja.

Sebab itu, saat ini pihaknya terus membuat terobosan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, informasi terkait pelayanan penerbitan izin berusa juga terus diberikan kepada pelaku usaha baik secara konvensional maupun digitalisasi.

Saat ini, penerbitan izin berusaha memang cukup mudah dilakukan dengan melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA). Sistem OSS RBA merupakan layanan daring penerbitan izin berusaha yang akan memudahkan pengusaha mikro hingga makro.

Dengan sistem OSS RBA, perizinan berusaha akan disesuaikan dengan tingkat risiko. Hal itulah yang akan membuat iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin lebih baik lagi.

“Kemudahan terus kita berikan dalam penyelenggaraan izin berusaha ini. Kita sudah membuat aplikasi terpadu teritegritas dengan sistem informasi pengaduan pelayanan daerah dan sistem kepuasan pelayanan masyarakat baik perizinan maupun non perizinan. Jadi masyarakat dapat membuat pengaduan terkait pelayanan yang diberikan Pemprov Sumsel,” tuturnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1621 seconds (10.101#12.26)