Program Kelapa Genjah 1 Juta Batang di Solo Raya Tunjukkan Hasil Baik

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 10:21 WIB
loading...
Program Kelapa Genjah 1 Juta Batang di Solo Raya Tunjukkan Hasil Baik
Tampak Presiden Jokowi saat melakukan penanaman pohon kelapa genjah beberapa waktu lalu. (Ist)
A A A
SOLO - Program kelapa genjah 1 juta batang se-Indonesia di Solo Raya menunjukkan hasil yang baik. Kelapa genjah yang ditanam pada Agustus 2022 kini sudah tumbuh 100%, bahkan terdapat tunas baru.

Alokasi bantuan bibit kelapa genjah Kementerian Pertanian (Kementan) untuk Solo Raya cukup besar. Mencakup Kabupaten Sukoharjo sebanyak 110.000 pohon, Boyolali 58.000, dan Karanganyar 59.000 pohon.

Bantuan bibit diberikan saat pencanangan Tanam Kelapa Genjah 1 Juta Batang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ibu Negara Iriana, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada pertengahan Agustus 2022.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah menjelaskan, penanaman kelapa genjah merupakan bagian dari program ketahanan pangan, sekaligus upaya meningkatkan pendapatan masyarakat. Kementan menargetkan penanaman sejuta kelapa genjah pada periode 2022-2023.

"Solo Raya harus berhasil, pemeliharaan dan kebutuhan lainya harus terpenuhi, jangan sampai kurang," kata Andi, baru-baru ini dikutip Sabtu (15/10/2022).

Kementan melakukan monitoring dan evaluasi untuk memastikan program berjalan baik. Tujuan akhirnya, terbangun kawasan kelapa genjah yang bisa mendongkrak pendapatan masyarakat dan ekonomi nasional.

Dia menuturkan, Solo Raya terutama Sukoharjo menjadi percontohan bagi daerah lain. Dia menambahkan, pertumbuhan tanaman yang baik tak lepas dari respons warga yang sangat tinggi kala menanam dan memelihara.

Di Solo Raya, khususnya di Sukoharjo, kelapa diolah jadi gula semut dan minyak kelapa. Dia melanjutkan, karena respons yang baik itu sisa alokasi bantuan kelapa tahun ini 100.000 pohon fokuskan ditanam di Sukoharjo.

"Karena lahan pekarangan masih tersedia luas dan respons masyarakat untuk tanam dengan pemiliharaan yang serius sangat tinggi. Dan juga pemerintah Sukoharjo memiliki komitmen serius untuk mengawalnya," ungkapnya.

Ada sejumlah varietas kelapa genjah yang jadi pilihan, meliputi entog, kuning nias, kuning bali, pandan wangi, dan kopyor. Kelapa genjah bisa dipanen dalam waktu tiga hingga empat tahun dari sejak awal tanam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)