Pemkab Malang Ajukan Anggaran Renovasi Stadion Kanjuruhan Rp580 Miliar

Rabu, 12 Oktober 2022 - 11:29 WIB
loading...
Pemkab Malang Ajukan Anggaran Renovasi Stadion Kanjuruhan Rp580 Miliar
Pemkab Malang mengajukan anggaran renovasi Stadion Kanjuruhan Rp580 miliar.
A A A
MALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengajukan renovasi Stadion Kanjuruhan . Dana sebesar Rp 580 miliar diajukan oleh Pemkab Malang ke pemerintah pusat pasca tragedi yang membuat 132 jiwa melayang.

Bupati Malang Sanusi mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menandatangani pengajuan anggaran renovasi sekitar Rp 580 miliar. Jumlah ini merupakan hasil kajian dengan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang. Nantinya renovasi pembiayaan dibiayai oleh pemerintah pusat sambil menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo .

"Itu yang mau membiayai adalah presiden. Nanti saya tandatangani pengajuannya sekitar 580 miliar dari kajian tim sama Cipta Karya, direnovasi sebesar itu," ungkap Sanusi pada Rabu pagi (12/10/2022) di Kabupaten Malang.

Baca juga: Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Dirut PT LIB Penuhi Panggilan Penyidik Polda Jatim

Sebelumnya memang Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajukan Rp 400 miliar untuk merenovasi stadion kebanggan masyarakat Malang, agar lebih mengutamakan keselamatannya.

"Kalau kemarin Menpora antara 400 miliar pengajuan yang saya 580 miliar. (Renovasi stadion) di beberapa bagian, lebih ke safety-nya," ungkap dia.

Sebelumnya ia memang sudah mengajukan renovasi dengan menutup atap tribun keliling itu. Saat itu renovasi dialokasikan sebesar Rp 800 miliar, tapi urung terlaksana hingga adanya tragedi ini.

"Kalau tribun keliling itu dulu proposal yang saya ajukan Rp 800 miliar. Kemarin tak sampaikan juga ke presiden," tukasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengaudit seluruh stadion di Indonesia. Hal ini terutama stadion yang digunakan untuk Liga 1, 2, dan 3 Indonesia.

Jokowi mengatakan, audit ini nantinya ditunjukkan untuk memperbaiki pintu, pintu gerbang, pagar dan sejumlah titik lainnya di stadion. "Sehingga keselamatan penonton, suporter yang ingin kita utamakan," ucap Jokowi kepada wartawan seusai mengunjungi Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (5/10/2022).
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6109 seconds (0.1#10.140)