Jatim Juara Umum OSN 3 Tahun Berturut-turut, Khofifah Puji Semangat Kompetitif Sportif Siswa

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 16:46 WIB
loading...
Jatim Juara Umum OSN 3 Tahun Berturut-turut, Khofifah Puji Semangat Kompetitif Sportif Siswa
Jawa Timur juara umum OSN tiga tahun berturut-turut.
A A A
SURABAYA - Jawa Timur kembali meraih juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022. Pengumuman pemenang kompetisi bergengsi tingkat nasional dilakukan Jumat (7/10/2022) secara daring.

Pada kompetisi yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) ini, Jatim sukses memborong 75 medali dengan rincian 15 emas, 28 perak dan 32 perunggu. Hal ini menobatkan Jawa Timur sebagai juara bertahan selama 3 tahun terakhir secara berturut-turut.

Pada posisi kedua OSN adalah provinsi Banten dengan 34 medali. Rinciannya 13 medali emas, 10 medali perak dan 11 medali perunggu. Di peringkat ketiga adalah Jawa Barat dengan 50 medali dengan 12 medali emas, 16 medali perak dan 22 medali perunggu.

Baca juga: Halaqah Kebangsaan, Kiai dan Bu Nyai NU Magetan Rekomendasikan Khofifah Cawapres Anies Baswedan

Posisi keempat DKI Jakarta dengan 60 medali yang terdiri dari 10 medali emas, 21 medali perak dan 29 medali perunggu. Terakhir Sumatera Utara dengan 19 medali yang terdiri dari 6 medali emas, 6 medali perak dan 7 medali perunggu.

Capaian inipun diapresiasi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Menurutnya, hasil ini merupakan kerja keras semua pihak. Khofifah juga memuji antusiasme para peserta didik dalam memiliki jiwa sportif - kompetitif untuk pengembangan kemampuannya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengukir prestasi.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini menyebut prestasi juara umum yang diukir siswa diajang OSN mampu dipertahankan selama 3 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2020.

"Alhamdulillah, para anak didik kita kembali mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional. Jawa Timur kembali menjadi juara umum berkat semangat para siswa, para tenaga pendidik, dukungan orang tua dan Dinas Pendidikan Jawa Timur," ujarnya, Sabtu (8/10).

Disebutkan Khofifah, tahun ini Jatim sukses mempertahankan juara umum OSN. Di mana pada tahun 2021, Jatim meraih 83 medali dengan rincian 29 medali emas, 29 medali perak dan 28 medali perunggu. Kemudian ada tahun 2020 Jatim meraih 70 medali yang teridiri dari 19 medali emas, 24 perak, dan 27 perunggu.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi menjelaskan di jenjang SMA/MA, para siswa memperebutkan medali untuk 9 bidang lomba. Yakni yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)