Ikuti Arab Saudi, Maros Rayakan Idul Adha Lebih Dahulu

Senin, 29 September 2014 - 15:49 WIB
Ikuti Arab Saudi, Maros Rayakan Idul Adha Lebih Dahulu
Ikuti Arab Saudi, Maros Rayakan Idul Adha Lebih Dahulu
A A A
MAROS - Bupati Maros HM Hatta Rahman menegaskan Pemkab Maros akan merayakan hari raya Idul Adha lebih dahulu pada Sabtu 4 Oktober yang dipusatkan di Lapangan Pallantikang, Maros.

Keputusan tersebut berbeda dengan Hari Idul Adha yang ditetapkan pemerintah pusat pada Minggu 5 Oktober 2014.

"Kami telah melakukan kajian dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Maros dan tokoh masyarakat. Hasilnya kami akan merayakan dan melaksanakan salat Idul Adha lebih dahulu pada Sabtu 4 Oktober sesuai dengan waktu wukuf di Arab Saudi yakni pada Jumat 3 Oktober," kata Hatta saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/9/2014).

Hatta menambahkan, bumi yang dipijak warga Arab Saudi sama dengan bumi yang dipijak warga Maros. Perbedaan waktu antara Arab Saudi dan Maros hanya terpaut lima jam. Jadi tidak ada alasan untuk berbeda dengan Arab Saudi, kata Ketua DPD PAN Maros ini.

Dihubungi terpisah, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Maros, Syamsuddin, mengakui siap mengikuti jadwal salat Idul Adha lebih dahulu sesuai yang ditetapkan Pemkab Maros.

"Kalau Pemda Idul Adha hari Sabtu, kami siap mengikuti. Kalau pemeritah waladdaallin, kami akan mengaminkan," ujarnya melalui telepon.

Secara pribadi Syamsuddin juga cenderung memilih lebaran pada hari Sabtu. Kepada masyarakat, dia meminta masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Adha sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

"Terserah masyarakat Maros, mau memilih ikut ke Pemkab Maros terlebih dahulu atau ikut pemerintah pusat," ujarnya.

Hatta menambahkan, Pemkab Maros akan berkurban sekitar 60 ekor sapi yang akan dibagikan pada warga Maros. Pemotongan kurban juga akan dipusatkan di Lapangan Pallantikang, seusai melaksanakan salat Idul Adha.

Dari penelusuran, Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifudin dan Kepala Kanwil Kemenag Sulsel HM Gazali Suyuti juga melaksanakan salat Idul Adha pada hari Sabtu 4 Oktober di Arab Saudi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1656 seconds (0.1#10.140)